IRC Pasok 1800 Buah Ban Untuk Yamaha Asean Cup, Dua Type Lebih Mendidik

Yamaha

BalapMotor.Net – Didalam hajatan besar Yamaha Asean Cup yang berlangsung di Sirkuit Sentul Internasional 6-7 Desember 2014 ternyata tidak hanya menjadi tempat pembuktian para pembalap Yamaha dari berbagai negara. Ban IRC yang diproduksi oleh PT. Gajah Tunggal TBK juga ingin membuktikan kualitas dari ban balapnya.

IRC telah menyiapkan sebanyak 1800 buah ban balap type terbarunya yaitu Fasti 1 dan Fasti 3 untuk dipakai di 3 kelas yang dilombakan di ajang balap tahunan ini. Dari mulai kelas MT yang menggunakan kuda besi bebek Yamaha Jupiter Z1, lalu kelas ST 150 yang menggunakan Yamaha R15 dan yang terakhir kelas ST 250.

Type Fasti sendiri sebenarnya akan dikeluarkan 3 type yaitu type Fasti 1 ( Slick ), Fasti 2 ( Intermediate ) dan Fasti 3 ( Wet ), namun untuk event kali ini hanya menyediakan type Fasti 1 dan Fasti 2 untuk digunakan di ajang kali ini.

Dodiyanto
Dodiyanto

” Kali ini kita menyediakan sekitar 1800 unit ban untuk Yamaha Asean Cup Race. Kami juga menghadirkan type ban terbaru kami yaitu type IRC Fasti yang memang ditujukan untuk balapan di sirkuit internasional. ” tutur Dodiyanto selaku Product Development dari PT. Gajah Tunggal TBK.

Untuk alasan mengapa harus menggunakan 2 jenis ban yaitu type Fasti 1 ( slick ) dan Fasti 3 ( wet ) dan tidak menggunakan type Fasti 2 ( intermediate ) yang rencananya akan diluncurkan ini Dodiyanto menjelaskan pihak IRC hanya menurut apa yang di minta oleh Yamaha. Padahal sih juka menggunakan ban intermediate nantinya pembalap tidak perlu mengganti ban saat balapan berganti cuaca. Namun kemungkinan besar Yamaha sendiri ingin para peserta Yamaha Asean Cup Race baik itu pembalap, maupun kru mekanik agar terbiasa dengan iklim balap dunia seperti MotoGP.

2 type ban memang lebih ribet, tapi mendidik
2 type ban memang lebih ribet, tapi mendidik

” Untuk alasan kenapa tidak menggunakan ban jenis intermediate sih kita hanya nurut sama permintaan dari Yamaha. Mungkin biar bisa beradaptasi dengan balapan dunia, sebenarnya juga kita juga diminta IRC Jepang untuk tidak membuat ban intermediate dan membuat 2 type ban yaitu type basah dan kering.” tambah Dodiyanto lagi.

Untuk ban fasti sendiri sampai saat ini belum ada hal yang dikeluhkan dari para pembalap tentang ban IRC Fasti saat digunakan di ajang Yamaha Asian Cup Race ini, berarti tentu saja kualitasnya bisa terjamin dong. luvo

SSS Racing