Indoprix Sekayu : Pentingkan Safety, Suzuki Ogah Ikut Fun Race

GM-helm

BalapMotor.Net – Seluruh persiapan matang yang sudah dilakukan Team Suzuki Racing untuk menghadapi kejuaraan Indoprix putaran ke-4 di Skyland Circuit, Sekayu, Sumatera Selatan yang awalnya direncanakan berlangsung pada Minggu, 12 Oktober 2014 tidak dapat berjalan sesuai rencana akibat perubahan format balap dari kejuaraan menjadi ‘Fun Race’ disebabkan kondisi lintasan yang tidak safety.

Rafid Topan, Ocvan Irvana dan Harlan Fadilah pembalap Team Suzuki Racing yang sudah melakukan sesi free practice pertama di hari Sabtu pagi, 11 Oktober 2014 dengan menggunakan Suzuki Satria FU150 merasa lintasan yang Skyland Circuit yang akan digunakan untuk balap sangat tidak aman untuk dilalui dalam kecepatan tinggi. Banyaknya permukaan aspal yang tidak rata hingga berlubang sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi seluruh pembalap.

Panitia Indoprix memberhentikan jalannya acara dengan tidak melanjutkan sesi QTT sama sekali hingga melakukan perundingan dengan para pembalap di sore hari untuk mengambil keputusan mengenai jalannya Indoprix putaran ke-4.

Sudah Ditambalpun Masih Begini
Sudah Ditambalpun Masih Begini

Seluruh pembalap peserta Indoprix putaran ke-4 sepakat bahwa kondisi lintasan Skyland Circuit sangat membahayakan apabila dipaksakan untuk melanjutkan balap. Kondisi permukaan lintasan banyak yang berlubang dan licin akibat persiapan pengaspalan ulang lintasan yang terburu-buru dan tidak berkualitas baik sesuai standar safety.

Keputusan panitia penyelenggara Indoprix pada Sabtu sore, 11 Oktober 2014 akhirnya mengubah format kejuaraan balap Indoprix putaran ke-4 menjadi event ‘Fun Race’ setelah melakukan perundingan bersama seluruh pihak yang menjadi peserta Indoprix kali ini. Dengan kata lain, ajang balap Indoprix di Skyland Circuit Minggu, 12 Oktober 2014 tidak akan menentukan siapa yang menjadi pemenang di setiap kelas yang diadakan. Secara otomatis tidak akan ada perolehan maupun penambahan poin kepada para pembalap yang berdampak pada posisi kelasemen pembalap.

Walaupun telah terjadi perubahan keputusan kejuaraan menjadi ‘Fun Race’, Team Suzuki Racing masih melihat faktor safety kondisi lintasan yang masih jauh dari standar aman bagi keselamatan pembalap. Oleh karena itu, Team Suzuki Racing memberikan keputusan terbaik untuk tidak ikut berpartisipasi dalam seluruh kelas Fun Race Minggu, 12 Oktober 2014.

Keputusan Team Suzuki Racing untuk tidak tampil tersebut semata-mata bertujuan untuk menunjukan konsistensi profesionalitas Team Suzuki Racing sebagai tim balap yang memberikan contoh positif kepada penonton maupun penyelenggara bahwa ajang balap yang baik harus didukung oleh kesiapan lintasan sirkuit dan penyelenggaraan kejuaraan balap yang baik pula demi keselamatan para pembalap dan suguhan tontonan yang lebih menarik. Pokoknya safety first gitu loh.

SSS Racing