Indonesian MiniGP 2016 Tanggerang, Cocok Untuk Pembibitan

Merekalah para calon juara balap motor dari Indonesia

BalapMotor.Net – Salah kalau gelaran Indonesian MiniGP 2016 yang berlangsung di sirkuit Karting Mall Balekota, Tanggerang (28/2) hanya untuk lucu-lucuan. Saat reporter melihat langsung antusiasme dari para peserta khususnya untuk kelas anak-anak, balapan ini sebenarnya bisa dijadikan tumpuan awal karir untuk anak-anak Indonesia.

Di kelas MiniGP 7-9 tahun (M1) misalnya. Kelas ini langsung diikuti oleh belasan anak-anak yang tentu saja masih sangat kecil. Dengan body mini, mereka tentunya belum “layak” kalau harus membalap dengan motor bebek atau sport. Dengan adanya balapan ini tentu saja mereka bisa belajar balap dengan atmosfir kompetisi yang sama sengitnya dengan balap motor gede.

Terbiasa membalap dengan feel dan teknik yang benar sejak kecil
Terbiasa membalap dengan feel dan teknik yang benar sejak kecil
LENKA MiniGP SSS Racing

Dengan dibagi menjadi 2 grup untuk penyisihan di kelas M1 terlihat aksi dari anak-anak ini mampu menunjuka stile balap seperti layaknya pembalap MotoGP. Tidak jarang dari mereka yang menggukan teknik knee down dan ada juga beberapa yang bisa melakukan teknik sliding dengan motor pocket bike.

” Balapan dengan MiniGP itu tidaklah mudah.Tidak boleh asal tekuk di tikungan dan harus menggunakan feel dan teknik balap yang benar. Jika mereka sudah seperti itu dari kecil mereka tentunya akan terbiasa membalap dengan feel dan teknik. ” tutur Ergus OEI selaku penyelenggara event ini.

Ergus OEI (topi) penyelenggara Indonesian MiniGP
Ergus OEI (topi) penyelenggara Indonesian MiniGP

Saat ini sendiri kebanyakan dari anak dibawah 10 tahun yang ingin berkarier di dunia balap terjun di balap MiniMoto di gelaran Motocross atau Grasstrack. Dengan adanya gelaran MiniGP tentu saja anak yang ingin berkarier di balap on road bisa memilih MiniGP atau memilih keduanya.

Ditinjau dari segi biaya balap, tentu saja jauh lebih murah dibandingkan harus menerjunkan anak dibawah 10 tahun di balap bebek yang semakin mahal. Untuk motor standar bikinan china yang banyak di pasaran harganya rata-rata 3 jutaan. Sedang untuk biaya oprek full racing siap turun, hanya dengan biaya 3 juta sudah siap menang.

Motor MiniGP spek balap, cuma habis 6 juta sudah dengan motornya
Motor MiniGP spek balap, cuma habis 6 juta sudah dengan motornya

” Balap ini sangat cocok untuk regenerasi. Untuk biaya balap juga sangat murah. Motor standar cuma 3 jutaan lalu biaya oprek sekitaran 3 juta sudah siap turun mas. Biaya oprek segitu sudah termasuk ban balap, perkuat sasis termasuk stang dan untuk mesin dari mulai rearmer karbu sampai ganti kruk as. ” tutur Dellu Agung dari tim AR-1 Anjany Racing yang jadi juara di kelas pembalap aktif.

Membahas lagi soal biaya, untuk pendaftaran di event ini saja ternyata cukup murah. Biayanya hanya Rp.150.000 saja. Jadi ayo yang punya anak, adek atau keponakan yang ingin dijadikan pembalap, kalian bisa pilih balap MiniGP. [ luvo ]

Dellu Agung juara kelas pembalap aktif sedang memberikan mentor kepada reporter BalapMotor.Net yang turun di kelas wartawan
Dellu Agung juara kelas pembalap aktif sedang memberikan mentor kepada reporter BalapMotor.Net yang turun di kelas wartawan

Aroma kompetisi sudah dibiasakan sejak dini MiniGP baik untuk pembibitan

APRILIA GM-helm VND Racing PARD