Honda Cup Race (HCR) Medan : Deri Satyo Sunarso Kuasai Kelas Pemula

Deri Satyo Sunarso (belakang) saat mengejar Robby JR di babak latihan
Yamaha

BalapMotor.Net – Meski Hujan mengguyur Sirkuit IMI Pancing Medan, Minggu (8/10) balapan seri1 Honda Cup Race (HCR) 2016 tetap di lanjutkan. Dengan kondisi ini tentu saja pembalap serta mekanik harus di uji dengan kerja keras untuk bisa mendapatkan poin maksimal di ajang yang di Garap oleh Kita-Kita Motorsport ini.

Mekanik serta pembalap harus putar otak dalam merubah settingan terbaik untuk pembalap nya kala cuaca di track berubah baik dari settingan mesin, Suspensi hingga pemilhan ban yang tepat untuk si pembalap.

Deri Satyo Sunarso
Deri Satyo Sunarso

Nah kali ini keberhasilan singgah kepada Deri Satyio Sunarso yang berhasil mengusai 2 kelas bergengsi di gelaran HCR ( Honda Cup Race), Pembalap yang tahun ini berhasil menjadi juara Motoprix region 1 Sumatera di kelas bebek 150cc (MP5) pemula ini,  berhasil menguasi race di kelas HCR 3 (Sonic 150cc STD pemula) Serta HCR 4 (Cup 125cc Tune Up pemula). Tyo sapaan pembalap ini yang tergabung  Honda Deli Indaco  Nissin FDR NHK MMS Holly 56 ini mampu memimpin race sejak awal hingga bendera finish di kibarkan di tengah melanda nya hujan.

Dominasi Tyo sendiri terus di ganggu oleh beberapa pembalap semisal Robby JR asal Kab.Siak ( Riau) yang tergabung bersama tim Honda Kita- Kita Kawahara NHK MIMAKI IRC SSS , dan juga Bima Anugerah dari Kab.Asahan yang tergabung di tim Justin Al Mubarak serta M.Paddu Rahman dari Tim Piranha Attala Speed ,namun Tyo masih menjadi yang paling perkasa di balapan kali ini.

Suspensi Ohlins
Suspensi Ohlins

Menariknya disini ternyata Tyo merupakan satu-satu nya pembalap yang  mengunakan motor sudah ber Injeksi di kelas HCR 4 (Cup 125cc Tune Up pemula). Motor injeksi tersebut sulit dikejar oleh motor-motor lainya yang masih menggunakan motor karbu.

“ Motor yang saya gunakan sudah injeksi dan sudah fit buat di ajak balapan dalam kondisi apapun bahkan hujan sekali pun , kunci nya sih tadi coba terus ngepush di lap awal namun agak sedikit susah dengan kondisi track yang aspal nya kurang bagus serta di landa hujan deras, namun di pertengahan lap saya semakin maksimal mempertahankan posisi dengan sabar hingga finish.’’ Beber Tio saat di wawancarai oleh reporter BalapMotor.Net usai balapan.

Mengenai kuda besi Honda yang ditunggangi oleh Tyo ini ternyata  ada perubahan pada kaki-kakinya. “ Motor kali ini ada perubahan di suspensi Belakang , kali ini sokbreker belakang Ganti dengan produk Ohlins , untuk  kaki bagian depan kita masih mengandalkan standar. Sementara itu untuk urusan pengereman kita mengandalkan produk Nissin untuk urusan pengereman ,” ujar Acuan sang Owner di dampingi Alin Lo selaku mekanik dari yang tahun ini pertama kali nya gabung di bawah bendera Honda.[ A2M ]

Alin Lo (kiri) dan Acuan mekanik tim
Alin Lo (kiri) dan Acuan mekanik tim

 

GM-helm SSS Racing