Frame 27 Spesialis Rangka Balap Asal Solo

BalapMotor.Net – Bila kalian menyepelekan efek rangka kepasa peforma motor, maka kalian salah besar. Ya, rangka yang baik dan benar adalah rangka yang sanggup melayani kekuatan mesin dan memberikan kenyamanan pada pengendaranya. Terlebih pada motor balap. Rangka menjadi salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan best time dan kenyamanan pembalap.

Contoh kasus pada balap karapan, khususnya kelas berbasic tune up. Peforma mesin tentu sudah jauh berbeda dengan mesin standar. Belum lagi modifikasi rangka untuk mengurangi jumlah bobot dari rangka. Akhir-akhir ini kelas Bebek 4T TU 130cc memang digegerkan dengan model rangka yang mirip ninja TU. OP27 adalah tim pertama yang berani tampil beda dengan tampilan model rangka yang mirip dengan ninja tu.

Nah, kali ini kita akan membahas satu bengkel asal Solo, Jawa Tengah yang disebut-sebut sebagai spesialis rangka. Frame27 Solo adalah bengkel yang dimaksud. Bermarkas di  belakang Eks. Batik Keris, Kleco No. 35 RT02 RW12, Pajang Laweyan, Solo ini digawangi Febrianto Putro sebagai sang juru modif. Bisa dibilang semua mekanik-mekanik balap asal Solo, mempercayakan modifikasi rangka kepada Febri.

SSS Racing

“Untuk saat ini saya sedang mengerjakan rangka jupi 130 milik Aneka Group (HO2 Racing) dan Pells. Termasuk seluruh rangka milik tim Abakura, SPRW dan sederet tim lainnya”, ungkap Febrianto yang sudah bermain rangka sejak beberapa tahun lalu.

Menjadi menarik ketika rangka jupi 130 diatas murni buatan sendiri alias tidak meninggalkan sedikitpun dari bagian orinisil, termasuk dudukan mesin dan komstir. Tujuannya adalah untuk mengurangi total bobot rangka, tentunya lebih ringan jika dibandingkan dengan rangka orisinil pabrik. Biasanya tim yang memesan rangka model seperti ini adalah tim yang memiliki pembalap dengan berat badan diatas 40kg.

Bila bobot joki semakin berat, maka total bobot dengan pembalap dan atributnya pun semakin berat, otomatis juga akan lebih jauh dari batas regulasi bobot di event. Beda cerita bila bobot jokinya ringan atau dibawah 40kg, karena biasanya total bobot akan lebih ringan dari batas regulasi.

“Untuk rangka Aneka Group tinggal nunggu komstir dan Pells tinggal kurang arm saja mas. Kalo udah selesai langsung diserahkan pada mas Ho2 dan mas Pelle, mudah-mudahan bisa untuk main di IDC akhir pekan ini”, turup Febrianto Putro yang bisa langsung dihubungi di 082136076900 untuk sharing tentang rangka ataupun order langsung.

Oya bukan cuma modif drag bike saja ya, tapi juga bisa untuk yang lain termasuk roadrace, gtx dan mtx. Untuk range harga berkisar 800 ribu- 2,5juta. Kalo model rangka jupi seperti diatas dibanderol harga  1,8 juta (termasuk jok dan tangki). [ richard ]

 

GM-helm PARD