Bandung Bakal Punya Sirkuit Permanen, Panjang 2,3 KM, Layak Untuk Balap Sport

Bandung Bakal Punya Sirkuit Permanen, Panjang 2,3 KM, Layak Untuk Balap Sport
Foto desain sirkuit Bandung Lautan Api yang diunggah Ridwan Kamil di akun instagramnya

BalapMotor.Net – Kota Bandung yang merupakan ibukota provinsi Jawa Barat bakalan mempunyai sirkuit permanen. Hal ini disampaikan oleh walikota Bandung yaitu Ridwan Kamil di akun instagram pribadinya yaitu @ridwankamil semalam (6/7).

Ridwan Kamil menyampaikan bahwa akan dibangun sirkuit modern yang bisa digunakan untuk balap motor dan juga mobil. Untuk letak sirkuitnya sendiri, dalam update tersebut Ridwan Kamil yang mempunyai followers instagram mencapai 6,6 juta followers ini mengatakan letak sirkuit tersebut ada di Gedebage dan dekat dengan jalan tol.

“Wahai anak muda Bandung, Kota kita tercinta akan punya sirkuit modern untuk balap mobil/motor di Gedebage di dekat exit KM 147. Juga museum otomotif. Sirkuit ini akan punya 16 tikungan, terinspirasi dengan jumlah kena tikungnya cinta Pa Wali sebanyak 16 kali di masa lalu. Kerjasama istimewa dengan @xtckotabandung. . Doakan lancar dan tidak ada lagi balapan liar di tengah kota, kecuali kamu adalah Vin Diesel.” begitu kutipan dari status Ridwan Kamil di instagram.

SSS Racing

Mengenai hal ini tentu saja kota Bandung yang penggemar balapnya cukup banyak nantinya bisa memanfaatkan sirkuit ini. Selain itu, sirkuit yang mempunyai beberapa variasi termasuk juga bisa digunakan untuk drag ini bisa mendatangkan wisatawan bagi kota Bandung, ini tentunya saat ada event digelar di sirkuit tersebut.

Mengenai sirkuit tersebut, saat penulis melihat desainya, memang sih agak nanggung karena hanya 2,3 km. Panjang tersebut hampir sama seperti pada panjang sirkuit Tsukuba di Jepang yang bisa digunakan untuk balap Superbike Jepang. Ini tentunya bisa juga untuk balap motor sport sampai 250cc bahkan Superbike 1000cc Nasional.

Akan tetapi, sirkuit yang di desain dengan jumlah tikungan sebanyak 16 ini tentunya belum layak untuk menggelar balapan internasional sekelas WSBK atau MotoGP, untuk balap Asia juga belum tentu bisa. Namun meski demikian, dengan adanya trek ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para anak muda pecinta balap di Indonesia, khususnya Jawa Barat menyalurkan bakat mereka. Semoga saja cepat terealisasi.

GM-helm PARD