Yamaha Touch TTSS, Gunakan Blok Head 125Z

Touch Blok Head 125 Z

BalapMotor.Net – Bisa dibilang kelas sport 2tak TU 140cc adalah kelasnya motor-motor “liar”. Dapat dipastikan bahwa jika kita melihat kelas ini, maka akan kerap melihat motor melaju dengan roda depan terangkat alias jumping. Ini menjadi bukti bahwa selain kualitas motor yang kencang, skill joki yang diatas rata-rata lah yang mampu menjadi jawara di kelas ini.

Dengan basis motor Yamaha Touch, Ting-Ting Speed Shop CBM berhasil menjadi competitor sengit bagi mereka yang sudah lama bertarung di kelas Sport 2tak TU 140cc. puncaknya adalah ketika kemarin pada event balap malam tahun baru di Semarang, motor ini menduduki podium pertama bersama Jhon PK (Magelang) dengan catatan waktu 7,459 detik. Meskipun belum menjadi best time, tetapi timer segitu sudah sangat memuaskan melihat kondisi sirkuit yang licin.

“Kali ini yang mbawa si John, dia juga kurang sempurna pas bagian bawah. Mahmud malah mlintir-mlintir, akibat aspal yang memang licin”, ungkap Mas Okky selaku me

Mekanik CBM Mas Okky (Kiri)
Mekanik CBM Mas Okky (Kiri)
SSS Racing

kanik dari CBM

Ternyata motor ini tidak menggunakan seperangakat blok head originalnya, melainkan menggunakan blok head dari “saudaranya” yaitu Yamaha 125 Z. Apa alasannya?

“Blok yang asli lagi dalam proses riset biar nggak terjadi kebocoran air radiator di bagian exhause nya, jadi perlu di las aluminium dulu”, ungkap Mas Okky yang juga mengutarakan bahwa memilih blok head 125 Z adalah dengan tujuan biar simpel dan cepat.

Motor yang mengandalkan seperangkat pengapian milik YZ 125 ini, memang memiliki karakater yang galak. Selain blok head original, knalpot dan karbu tentunya akan menjadi target riset selanjutnya. Sambil kita tunggu hasil risetnya, yuk kita lihat dulu specification lengkap dari motor ini. [ richard ]

Mesin, Karbu PJ dan Magnet YZ 125
Mesin, Karbu PJ dan Magnet YZ 125

Spesifikasi : 

Piston           : RX-Z Ov. 50
Blok Head     : 125 Z
Squish           : 12 derajat
Lebar            : 8
Lubang Ex      : Tinggi 26, Lebar 42
Karburator     : PJ 38 Selenoid
Pengapian      : Full set YZ 125
Membran       : V-Force 3 RX-Z
Ratio             : Full set IKK
Knalpot         : AHM

GM-helm PARD