Nih Rahasia Matic 200cc Billifar Speed Feat RGP Jawara Drag Bike Lubuklinggau

Nih Rahasia Matic 200cc Billifar Speed Feat RGP Jawara Drag Bike Lubuklinggau

BalapMotor.Net – Matic Tune Up 200cc milik tim Billifar Speed Feat RGP asal kota Metro, Lampung berhasil mencuri perhatian dengan sukses meraih 3 sekaligus pada gelaran yang bertajuk Walikota Drag Bike Lubuk Linggau 201M telah usai digelar pada tanggal 19 Desember 2021.

Digeber Sonel Sudrajat asal bekasi, matic bercorak Merah tersebut mampu menjadi yang tercepat. Catatan waktunya juga sangat tajam. Sonel berhasil mencatatkan waktu 7.263 detik disusul Ade Oweh diposisi ke dua dengan catatan time 7.404 detik dan Pipin Kadal dipodium ke-5 dengan time 7.747 detik pada balapan yang berlangsung berlangsung di Sirkuit NP. Kompleks Kampus UNMURA, Kota Lubuk Linggau, Provinsi Sumatera Selatan.

LENKA MiniGP SSS Racing

Baca Juga : Hasil Juara Walikota Drag Bike Lubuklinggau 19 Desember 2021

“Enak motornya mas, kemarin main di cicangkal sempet podium 4, setelah itu coba ganti frame dan ganti knalpot, alhamdulillah bisa juara pertama dengan time 7.2 detik.” Ungkap Sonel Sudrajat kepada penulis.

Sonel saat taklukan Matic 200cc Billifar Speed
Spek Modifikasi

Nah, penulis ingin mengulas lebih detail dari spek matic 200 garapan dari ko Vilan nih, berapa sih diameter dan strok pada kruk as nya? terus ada perubahan atau tidak pada lubang buang di Head atau deksel dari mio ini ?

“Untuk mesin sendiri sih masih tahap riset mas dengan menggunakan piston 63.5mm di padukan dengan kruk as yang naik strok 2 mm dengan total sekitar 196cc, untuk headnya sendiri sudah saya rubah menjadi ex tengah dengan menggunakan ukuran klep”valve” 33/28 menggunakan batang klep 4.5 mm mas karena terbukti ada perubahan yang signifikan.” Ungkap Ko Vilan kepada penulis

Spek yang bisa dibilang cukup ideal, tidak cukup disitu saja, semakin kesini penulis semakin penasaran tentunya. Karena mesin berkapasitas hampir 200cc ini pastinya membutuhkan suply bahan bakar yang pass guna menyempurnakan pembakaran pada ruang bakar dengan kompresi yang pastinya tinggi, penulis sendiri memprediksi kompresinya bisa mencapai di angka 15 bahkan bisa lebih.

“Nah untuk suply bahan bakar sendiri saya pakai karburator Uma ukuran 32mm mas dengan pilot jet nya 60 dan main jet nya 140, sebelumnya sih lihat cuaca disirkuit pas race matic 200 karena lumayan panas, kalau untuk bagian pengapiannya sendiri saya pakai koil TK, CDI pakai Rextor ProDrag 2, kalau untuk berat roler kisaran 7gr rata mas karena berat sonel kan lumayan ringan, didukung juga IRC Speed King untuk ban depannya dan IRC Eat My Dust untuk ban belakangnya.” Tambah Ko Vilan kepada Penulis

Waaah mantap nih, semoga bisa bermanfaat nih buat balap mania yang suka korek-korek mesin. Oke deh sekali lagi selamat ya buat tim Billifar Speed Feat RGP. | Budy

Sonel Sudrajat
GM-helm VND Racing PARD