Jadi Jawara, Ternyata Z1 Ini Hanya Pakai ECU Paket Hemat!!!

Sulung Giwa saat balap di Java Road Race

BalapMotor.Net – Yamaha Z1 yang ditunggangi Sulung Giwa dan menjadi jawara di gelaran Java Road Race 2021 akhir pekan lalu (26/12), ternyata hanya menggunakan ECU paket hemat gaes. Motor dari tim R-Jet Sumber Makmur HR Fish Shop tersebut hanya menggunakan ECU sepaket dengan harga 2,5 jutaan saja.

R Jety selaku tunner mempercayakan ECU BRT Juken 5 Pro pada motor Yamaha Z1 tersebut. Harga dari ECU ini sendiri tergolong cukup murah jika dibandingkan dengan ECU yang biasa digunakan motor balap lainnya, khususnya pada pacuan Kejurnas.

Meski demikian, Sulung Giwa berhasil memimpin sepanjang balapan dan tidak ada lawan yang mampu memberikan perlawanan yang berarti. “Jadi kita membuktikan kalau pakai ECU BRT Juken 5 Pro yang murah meriah ini, motor masih bisa melawan, apalagi lawannya kebanyakan 5TP (karbu),” ungkap R Jety selaku tunner kepada penulis.

penampakan ECU BRT Juken 5 Pro
SSS Racing GM-helm

Mekanik yang mempunyai speedshop R Jety Engine Modified yang beralamat di Kedungwonokerto, Prambon, Sidoarjo ini sendiri mengatakan kalau semua dia kerjakan sendiri. “Semua saya kerjakan sendiri mas, termasuk mapping, dyno dan juga flowbench, di bengkel saya ada,” terang mekanik yang bisa dihubungi lewat nomor 085204888807 ini.

Selain menggunakan ECU BRT Juken 5 Pro, R Jety juga membeberkan beberapa part lainnya yang digunakan pada Yamaha Z1 tunggangan Sulung Giwa tersebut. “Untuk blok saya pakai BRT untuk Mio J yang awet karena sudah casting harden. Lalu TB pakai CB150R old yang dikecilin jadi 26mm. Headnya pakai klep ukuran 26/23 CNC porting BRT berrylium cooper,” tambahnya.

Penampakan blok dan head Z1 RJety

VND Racing PARD