Bebek 4 Tak 130 Drag Bike TPM Delta Mas : Jupiter Klep Titanium Tetap Terkencang

Alvan Cebonk
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Alvan Cebonk joki drag berbadan mungil asal Malang mampu menjadi yang tercepat di kelas Bebek TU 130cc 4 Tak di ajang seri 2 Pertamina Enduro KYT Trendy Drag Bike 2014 yang berlangsung di Kota Delta Mas, Cikarang 31 Agustus 2014. Menunggangi kuda besi Jupiter Z  dari tim TDR Creampie KYT MBKW2 Akai Jaya yang dikorek oleh tuner ternama Indonesia, Haris Sakti Mletis.

Mekanik yang lebih dikenal di arena Road Race ini masih mengandalkan korekan yang sama seperti digunakan di seri Drag TPM sebelumnya di Senayan, dan hanya mengalami sedikit perubahan setingan saja.

“ Balap Drag Bike itu tidak perlu melakukan perubahan korekan di tiap serinya, berbeda dengan di Road Race. Drag kan Cuma lurus, paling hanya menyesuaikan setingan di main rasio dan karbu saja, selain itu masih sama seperti sebelumnya mas. “ tutur Ajay mekanik dari tim TDR Creampie KYT MBKW2 Akai Jaya yang merupakan tangan kanan dari Haris Sakti yang dipercaya menangani motor MBKW2 di event Drag Bike.

JUpiter MBKW2Motor Jupiter MBKW2 ini masih seperti sebelumnya mengandalkan teknologi penggunaan klep titanium. Klep yang diambil dari klep Honda CRF250 dengan ukuran 29 ( in ) dan 23.5 ( out ) ini mampu membuat pacuan Jupiter ini bisa melesat dengan time 08.346  saat digeber Cebonk.

“ Masih seperti yang dulu mas, jadi kalau riset terus sudah dapat setingan ya sudah, tinggal mainin dikit nyesuain trek. Untuk kali ini masih mengandalkan klep titanium dari CRF250 mas. “ tambah Ajay.

Di Delta Mas kali ini Jupiter MBKW2 menetapkan setingan karbunya dengan mematok main jet 110 dan pilot jet 60. “ Setingan karbunya kita bikin basah, karena di sini panas banget mas. “ terang Ajay lagi.

Selain setingan karbu, gir rasio juga disesuain, dan kali ini Jupiter MBKW memasang perbandingan gir 14 : 36. Kalau begini bisa disimpulkan kalau korekan Mletis tidak Cuma dashyat di Road Race, di Drag Bike juga tidak sangat berbahaya. luvo

SSS Racing GM-helm