Yamaha Ingin Menang Lagi, Valentino Rossi Sarankan Ikuti Ducati dan Honda

yamaha-ingin-menang-lagi-valentino-rossi-sarankan-ikuti-ducati-dan-honda
Rossi sarankan Yamaha ikuti langkah Ducati dan Honda | Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Valentino Rossi sarankan Yamaha ikuti langkah yang diambil oleh Ducati dan juga Honda dengan menambah jumlah staff mereka yang komposisinya hampir mendekati F1. Hal ini akan membuat Yamaha bisa kembali ke jalurnya, juga mengakhir paceklik kemenangan yang terjadi terus-menerus.

Setelah musim 2017 yang mengecewakan, Yamah seolah tak banyak belajar dari kegagalan dimana pada 2018 kembali mengalami hal yang sama, beruntungnya Maverick Vinales selamatkan muka Yamaha dengan raihan kemenangan di Australia. Ini jadi satu-satunya kemenangan yang diraih Yamaha pada MotoGP 2018, sisanya diraih oleh Yamah dan Ducati.

Pencapaian Yamaha di MotoGP 2018 juga jeblok, dimana tak berada di posisi dua klasemen akhir klasemen pabrikan untuk pertama kalinya sejak 2008, bahkan perolehan poin Yamaha di musim ini merupakan yang terendah sejak 2008. Rossi pun ingin Yamaha tak mengulangi kesalahan dua musim terakhir, musim depan Yamaha harus melakukan apa yang dilakukan oleh rival mereka. Salah satunya, menambah jumlah staff.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kurang lebih satu setengah tahun, situasi teknis di MotoGP telah banyak berubah. Ducati yang pertama mengambil langkah ini, menambah jumlah orang dan engineer untuk bekerja di tim, hampir mendekati komposisi F1, Honda akhirnya juga mengikuti. Saya akhirnya membicarakan hal ini. Untuk bisa kembali meraih kemenangan, kami harus melakukan hal serupa, tetapi bisa kita lihat apa yang dilakukan oleh Yamaha,” ucap Valentino Rossi, dikutip dari laman motorsport.

Terlepas dari itu, Rossi dan Vinales sepakat soal pengembangan motor. Setelah memiliki hasil tes pasca-musim yang positif, Rossi berharap bahwa Yamaha terus memantapkan paket M1 untuk musim depan. Rossi juga mengatakan bahwa dirinya mengaku senang atas apa pun yang diminta Vinales untuk membentuk dasar pengembangan.

“Jika mereka membawa hal baru untuk Vinales, tentu saya merasa senang, karena saya juga akan mencobanya. Kami selalu memiliki kesamaan dan sepakat soal pengembangan motor. Jika Yamaha membawa semua yang dia minta, itu sangatlah bagus, karena setidaknya mereka membawa sesuatu. Bagiku apa yang kami katakan selalu sama kepada Yamaha,” papar Rossi. [DK]

SSS Racing GM-helm