Valentino Rossi Puas Dengan Mesin M1 Terbarunya, Tetapi Tekankan Yamaha Jangan Cepat Puas

valentino-rossi-puas-dengan-mesin-m1-terbarunya-tetapi-tekankan-yamaha-jangan-cepat-puas
Rossi tercepat ketiga di tes MotoGP Valencia | Foto: Crash
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Valentino Rossi lontarkan pujian terhadap mesin M1 terbarunya di tes Valencia hari pertama, menurutnya ini adalah hal yang positif, tetapi meski berhasil mencatatkan waktu tercepat ketiga, dirinya tetap merasa ada yang kurang.

Duo Yamaha Movistar berhasil berada di posisi tiga besar, Maverick Vinales dan Valentino Rossi menggunakan mesin yang sudah di tes sepanjang musim kemarin. Seakan tak ingin ulangi prestasi jebloknya, Yamaha melakukan persiapan yang serius.

Bagi The Doctor mesin ini sudah bagus, namun dirinya menekankan masih perlu adanya perbaikan, terutama untuk membuat mesin M1 ini lebih halus lagi agar mudah dikendarai, di sisi lain juga agar mampu menghemat ban, karena sejauh ini permasalahan inilah yang belum bisa diselesaikan Yamaha sepanjang musim kemarin.

Rossi tercatat mampu selesaikan 40 lap di tes hari pertama Valencia, Senin (20/11). Pembalap berusia 39 tahun itu juga tekankan bahwa Yamaha jangan cepat puas, tetap harus terus mencoba mesin yang berbeda untuk perbandingan.

“Pada akhirnya ini adalah hari yang positif, karena kami mampu selesaikan 40 lap meski waktu persiapan mepet, pekerjaan di hari pertama yang kami lakukan adalah membandingkan mesin. Kami punya dua mesin, pertama mesin yang sudah kami tes sepanjang musim ini, dan kedua mesin standar. Hasilnya tidak terlalu buruk,” kata The Doctor.

“Tugas kami adalah bagaimana agar ban tidak cepat habis, karena itu masalahnya, kami harus memiliki mesin yang lebih halus supaya bisa menghembat ban. Catatan waktu saya sudah cukup bagus, dan saya memiliki feel yang baik di hari pertama ini,” tambahnya.

Bagi Valentino Rossi, tes di Valencia yang berlangsung selama dua hari ini sangatlah penting. Ini akan menentukan spek yang akan kembali di tes pada Februari tahun depan, di samping itu data pada tes kali ini juga krusial karena akan menentukan kemana arah pengembangan motor.

“Hari ini kami mencoba satu (mesin), besok kita akan coba satu lagi yang agak mirip tetapi berbeda. Terpenting adalah mencoba spek yang berbeda. Bagi saya dua tes ini krusial dan sangat penting. Kami punya waktu untuk memilih mesin yang akan di tes pada Februari tahun depan. Tetapi tes kali ini mengindikasikan kalau kita sudah bekerja dengan cara yang benar, kami akan fokus di tes ini dan Jerez,” papar Valentino Rossi. [DK]

SSS Racing GM-helm