Tito Rabat Tinggalkan MotoGP Dengan Perasaan Kurang Puas

Tito Rabat Tinggalkan MotoGP Dengan Perasaan Kurang Puas | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Dewi Fortuna memang belum berpihak kepada Esteve “Tito” Rabat. Pembalap berusia 31 tahun ini harus terdepak dari kancah MotoGP meskipun sebenarnya kontrak dengan timnya “Avintia Racing” masih sampai 2021.

Rabat digantikan oleh adik Valentino Rossi yaitu Luca Marini yang akan melakukan debutnya pada kelas MotoGP di 2021. Juara dunia Moto2 musim 2014 ini sendiri dikabarkan akan berlabuh dalam kejuaraan WorldSBK.

Tito Rabat sendiri mulai tarung di kelas premier MotoGP sejak musim 2016 yang diawali dengan tim EG 0,0 Marc VDS yang juga menaunginya selama dua musim di Moto2. Bersama tim ini Rabat tarung selama dua musim dengan hasil akhir ke-21 di 2016 dan ke-19 di 2017.

tito-rabat-pastikan-absen-di-motogp-valencia-pulihkan-cedera-dan-fokus-hadapi-tes-pasca-musim
Tabat mulanya berhasrat balapan, tapi kini fokus pada tes pasca-musim | Foto: autosport
SSS Racing

Pada 2018, Rabat berlabuh ke tim Reale Avintia Racing sampai dengan musim 2020 ini. Bersama Reale Avintia Racing, Rabat mengakhiri musim 2018 pada posisi ke-19, lalu di 2019 ke-20 dan di 2020 ke-22.

Hasil di MotoGP tentu saja berbanding terbalik saat di Moto2 dimana pada musim 2013 Rabat ketiga, lalu 2014 Juara Dunia dan di 2015 kembali menduduki posisi ketiga klasemen akhir.

Tito Rabat saat meraih gelar Juara Dunia Moto2 musim 2014 | Foto : MotoGP

Mengenai hasil buruknya tersebut, Rabat sendiri mengaku kalau dirinya tidak mendapatkan motor yang bagus. “Di MotoGP saya tidak memiliki kesempatan. Saya selalu membalap di tim privateer. Dalam situasi ini, sangat sulit untuk melakukan balapan bagus di kategori ini,” ungkap Rabat.

“Bukan tidak mungkin, tetapi anda cenderung tidak mendapatkan hasil baik. Sangat sulit untuk menunjukan bakat anda di MotoGP saat anda mengendarai motor tim privateer. Saya bisa menunjukannya di Moto2 dan saya masih memiliki kekuatan untuk menunjukannya,” tambahnya.

 

GM-helm PARD