Tim Milik Rossi Siap Turun Ke MotoGP, Tech 3 Akan Tersingkir Sebagai Tim Satelit Yamaha?

tim-milik-rossi-siap-turun-ke-motogp-tech-3-akan-tersingkir-sebagai-tim-satelit-yamaha
Tim milik Valentino Rossi dikabarkan siap turun di MotoGP | Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Yamaha memiliki kemungkinan akan menjadikan VR46 yang merupakan tim millik Rossi menjadi tim satelit, menggantikan posisi dari Tech 3 yang hingga saat ini menjadi satu-satunya tim satelit dari pabrikan Yamaha. Hal itu mungkin saja terjadi jika nantinya Rossi sudah tidak membalap lagi.

Masih menjadi teka-teki, apakah Rossi yang sudah tak muda lagi memperpanjang kontraknya dengan Yamaha sebagai pembalap, atau justru musim ini merupakan musim terakhir bagi dirinya. Namun, suatu saat nanti Rossi dipastikan akan menjadi Bos tim di kejuaraan MotoGP.

Valentino Rossi sudah memiliki tim yang turun di ajang Moto2 dan Moto3, timnya juga mampu tampil kompetitif. Bos Dorna Carmelo Ezpeleta pernah mengatakan bahwa dirinya siap memberikan tempat buat tim Rossi jika berada di kelas utama, meskipun grid secara teoritis hanya akan ada 24 motor saja.

Hubungan panjang Rossi dengan Yamaha menjadi sinyal bahwa VR46 akan mendapatkan jatah di kelas utama. Dengan skenario seperti ini membuat posisi Tech 3 terancam, karena sepanjang sejarah Yamaha mengikuti kejuaraan MotoGP hanya memasok satu tim satelit dengan dua motor di grid, jika hal itu benar-benar terjadi Tech 3 bisa saja tak lagi jadi tim satelit Yamaha.

Herve Poncharal yang merupakan Bos Tech 3 sedikit cemas. “Saya memiliki diskusi dengan Yamaha, dimana saya berkata, ‘Bisakah Anda memiliki enam motor di grid? Mereka bilang ‘Tidak, karena terlalu banyak’. Saya berkata, oke, kalau Anda punya permintaan dari VR46 dan Tech 3, siapa yang akan jadi prioritas? Jawabnya VR46. Tentu ini sudah jelas,” kata Herve Poncharal. [Deni]

SSS Racing GM-helm