Test Rider Ducati Michele Pirro Kagum Dengan Casey Stoner Saat Tes MotoGP

Aksi Stoner saat tes beberapa pekan lalu | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Pembalap tes Ducati, Michele Pirro, lontarkan pujian dan kekagumannya pada Casey Stoner yang mampu capai limit motor Ducati, meskipun dirinya sudah tak aktif dan pensiun dari dunia balap.

Pirro yang memiliki peran baru di tim sebagai analisis trek bagi Jorge Lorenzo untuk musim ini, juga bertanggun jawab atas pengembangan Desmosedici GP dalam beberapa musim terakhir. Musim lalu, pembalap Italia satu garasi dengan Stoner dalam beberapa sesi tes, karena Ducati inginkan data dari sumber yang berbeda terkait pengembangan motor prototipe mereka.

Stoner sendiri sudah lima tahun pensiun dari dunia balap, sejak musim 2012, namun Pirro menganggap Stoner adalah sosok pembalap yang unik. Ia bahkan mengaku tak akan dapat samai catatan waktu Stoner saat tes.

SSS Racing

Tes pra-musim pertama MotoGP yang digelar pekan lalu di Sepang, menjadi bukti bahwa Stoner masih cepat. Ia bahkan berhasil jadi yang tercepat pada hari pertama dengan perolehan waktu 1menit 59,680detik. Dan pada hari terakhir, Stoner mencetak 1menit 59,639detik. Dua catatan waktu tersebut tak bisa diraih oleh Pirro.

“Casey punya kemampuan dalam waktu singkat untuk bisa capai limit motor. Dia mendapatkannya sebelum pembalap lain,” ucap Pirro kepada Motorsport.com. “Jorge juga berhasil capai limit, tetapi  dengan cara yang beda. Berbanding terbalik dengan Stoner yang tak butuh waktu lama. Kedua pembalap cepat, tetapi Casey luar biasa,” tambahnya.

“Saya pikir itu kemampuan yang unik, mengingat dia tak balapan sama sekali. Tetapi mampu capai limit,” kata Pirro. Pirro juga menambahkan: “Dia berhasil catatkan waktu 1menit 59,6detik sekian saat hari pertama di Sepang. Dia hari terakhir pun bisa samai itu. Dia telah berhasil capai limit sejak senin.

Sementara itu Pirro yang merupakan pembalap tes sendiri, hanya mampu catatkan waktu 2menit 01,382detik pada tes hari kedua. Ia lebih lambat 1,7detik sekian di belakang Stoner. (Deni)

GM-helm PARD