Tes Ban Michelin MotoGP : Ban Depan Masih Jadi PR

GM-helm

BalapMotor.Net – Setelah tiga hari (23-25/2) para pembalap MotoGP menjalani uji coba resmi, mereka masih menjalani uji coba ban Michelin yang akan dipakai musim 2016. Pada tes sebelumnya di Sepang (7/2) ban ini sudah dicoba para pembalap penguji dari masing-masing pabrikan sekarang diliran para pembalap utama merasakan performa ban asal Perancis tersebut.

Adapun ban yang diuji beberapa minggu lalu itu adalah ukuran 17 inchi dengan tujuh macam kompon di bagian depan dan lima macam di ban belakang. Lalu pada uji coba kedua ini Michelin membawa empat ban depan dengan profil berbeda sementara ban belakang dihadirkan tiga kompon berbeda.

“Sangat penting bagi kami mendapat informasi dari pembalap pabrikan ketika mengendarai motor dan mencoba ban sehingga kami mempunyai data yang jelas apa saja yang harus dilakukan dan dikerjakan,” ujar Nicolas Goubert, Technical Director Michelin.

Sesi kali ini heboh dengan jatuhnya beberapa pembalap akibat kehilangan grip roda depan saat melibas tikungan 3 dan 5. Beruntung para pembalap tersebut yaitu Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha), Aleix Espargaro (Suzuki MotoGP), Jack Miller (CWM LCR Honda), dan Andrea Dovizioso (Ducati MotoGP) bisa melangkah ke luar lintasan dalam keadaan sehat meski motor Lorenzo dan Dovi rusak parah.

Tak ada pernyataan resmi dari pembalap-pembalap tersebut karena mereka tidak diperbolehkan memberi komentar kepada publik soal ban Michelin mengingat tahun ini masih berjalan kontrak bersama Bridgestone. Namun disinyalir kecelakaan ini akibat grip roda depan kurang maksimal saat pembalap mulai ngepush motor.

“Nampaknya traksi di ban depan belakang belum seimbang sehingga ketika mereka ingin memaksimalkan ban belakang dengan membuka gas lebih awal ban depan belum bisa mengimbangi,” duga Goubert. Michelin dikenal punya ban belakang lebih lengket ke aspal daripadan ban belakang Bridgestone namun grip ban depannya belum bisa mengimbangi Bridgestone. RK

SSS Racing