Terbentur Masalah Kontrak, Dani Pedrosa Dijadwalkan Akan Uji RC16 Pertengahan Desember

terbentur-masalah-kontrak-dani-pedrosa-dijadwalkan-akan-uji-rc16-pertengahan-desember
Dani Pedrosa bakal uji RC16 pertengahan Desember ini | Foto: Crash
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Mantan pembalap Repsol Honda yang memutuskan pensiun dari MotoGP dan menjadi test rider KTM musim depan, dijadwalkan baru akan uji RC16 pada pertengahan Desember mendatang.

Sesuai dengan kontraknya bersama HRC, Pedrosa baru bisa menunggangi motor KTM pada Februari 2019 saat tes pra-musim di Sepang, mengingat kontraknya baru akan berakhir pada 31 Desember nanti.

Dilansir dari laman Speedweek.com bahwa Honda akhirnya mengabulkan permintaan dari KTM untuk membebaskan Pedrosa dari kontraknya lebih awal agar bisa uji coba RC16. Kabar ini diperkuat lagi oleh pernyataan CEO KTM, Stefan Pierer. Dirinya mengatakan bahwa Pedrosa akan segera uji RC16, pada 18-19 Desember, di Sirkuit Jerez, Spanyol.

“Kini Pedrosa sudah menjadi miliki KTM sepenuhnya. Ia sudah dapat mengendarai motor sebelum Natal dan tidak hanya tes IRTA di Malaysia pada Februari. Sebelumnya kami (HRC dan KTM) sepakat dia tidak akan ikut ambil bagian dalam tes selama kontraknya bersama HRC belum berkahir. Tetapi sekarang kami menemukan solusi yang adil dengan Honda,” ucap Stefan Pierer.

Tentu ini membuat KTM sedikit bisa bernafas lega, pasalnya salah satu test rider masih dalam pemulihan pasca cedera parah yang ia alami saat menjalani balapan sebagai wildcard di MotoGP Jerman lalu, Mika Kallio pun dipastikan butuh waktu yang lama buat bisa fit. Kehadiran Dani Pedrosa lebih awal tentunya akan sangat membantu proses pengembangan RC16.

“Kami tentunya sudah menguji banyak komponen dalam pengujian pabrikan di bulan November, karena Mika sedang dalam kondisi yang belum fit setelah mengalami cedera parah sejak Juli dan tidak bisa melakukan pengujian,” papar Pierer. [DK]

SSS Racing GM-helm