Sistem Flag To Flag Di MotoGP Berbahaya Untuk Pit Crew ?

Sistem Flag To Flag Di MotoGP Berbahaya Untuk Pit Crew ? | foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Sekarang di MotoGP masih ramai membahas akan bahayanya ban dari Michelin lalu sirip samping dari kuda besi MotoGP, namun kita tidak menyadari akan bahaya dari sistem flag to flag di balap MotoGP. Sistem balap yang membuat pembalap harus masuk paddock dan mengganti motornya ini terjadi lagi di 2016 tepatnya di MotoGP Argentina akhir pekan lalu (3/4).

Ternyata yang luput dari perhatian adalah bahaya akan pit crew di pit lane di saat adanya flag to flag. Pit crew di MotoGP sangat rentan untuk bisa tertabrak oleh pembalap yang masuk ke pitlane. Berbeda dengan di balap formula 1 yang memang sudah ada sejak lama sistem masuk pit, para pit crew di Formula 1 mereka dibekali helm dan juga baju safety agar aman, nah di MotoGP pit crew kan tidak menggunakan helm dan bajunya biasa saja.

Bautista menabrak krunya di saat mau mengganti motor di MotoGP Argentina kemarin | foto : GpOne
Bautista menabrak krunya di saat mau mengganti motor di MotoGP Argentina kemarin | foto : GpOne
LENKA MiniGP SSS Racing

Nah di MotoGP Argentina akhir kemarin ternyata ada seorang pit crew yang tertabrak oleh pembalap yang akan mengganti motornya. Ini terjadi di paddock tim Aprilia, seorang pit crew dari tim Aprilia tertabrak oleh Alvaro Bautista.Memang pit crew yang tertabrak tersebut tidak mengalami luka yang parah dan hanya keseleo saja, namun kita harus memikirkan resiko lainya.Oh iya sebelum ini, Casey Stoner juga pernah mengalaminya di Barcelona saat dia masih membalap dulu.

Topik masalah bahaya sistem flag to flag ini diungkap oleh GPone.com yang memang saat ini menjadi media yang cukup kritis di balap dunia. Apakah kejadian di GP Argentina kemarin akan membuat komisi keselamatan MotoGP akan bertindak dan mengubah sistemnya, semoga saja. [ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD