Sirkuit Mandalika Tertarik Datangkan MotoE dan F1

Foto: @agus_harianto_pictures

BalapMotor.Net – Sirkuit Jalanan Mandalika saat ini sedang dalam pembangunan dan diharapkan selesai tepat waktu untuk menjadi tuan rumah final World Superbike pada bulan November. Itu akan menjadi hajatan besar pertama sirkuit yang terletak di pulau Lombok tersebut.

Sementara untuk Kejuaraan Dunia MotoGP akan memulai debutnya dengan tes pra-musim resmi yang direncanakan pada 11-13 Februari, dilanjutkan dengan balapan akhir pekan Maret. Semoga tidak ada halangan dan terlaksana semua.

Nah, kabar terbaru Mandalika juga tertarik menggelar Kejuaraan Formula 1 dan Motor Listrik. Dikutip dari crash.net, Dalam konferensi pers virtual yang diadakan pada Rabu pagi, Ricky Baheramsjah, CEO Asosiasi Grand Prix Mandalika, berbicara positif tentang kemungkinan itu.

Formula 1
SSS Racing

“Sirkuit kami perlu dihomologasi dengan standar FIM, atau standar FIA. FIM untuk MotoGP dan World Superbike, dan kemudian FIA untuk balap mobil, yang juga mencakup Formula 1. Jadi jika ingin membawa Formula 1, pada dasarnya kita perlu homologasi ke standarisasi FIA,” kata Baheramsjah.

“Dari pihak kami, kami sangat yakin bahwa trek kami dapat memenuhi persyaratan tersebut, tetapi masih membutuhkan proses untuk melakukannya. Pada akhirnya, jika kami ingin membawa Formula 1, perlu lagi dukungan yang sama seperti yang ditawarkan pemerintah untuk MotoGP,” jelasnya.

MotoE

Disisi lain, Mandalika juga tertarik dengan kejuaraan dunia sepeda listrik (MotoE). Balapan tersebut dimulai pada 2019 dan hanya disajikan di benua Eropa saja. Bila ini terealisasi, Indonesia akan menjadi tempat pertama MotoE diluar Eropa.

“Kami sudah berdiskusi dengan Dorna tentang MotoE. Ini adalah seri yang fantastis dan berpotensi membuka jalan bagi masa depan motorsport. MotoE belum ada di Asia Tenggara tetapi kami memiliki dialog terbuka dengan Dorna. Ini tentu acara yang akan sangat menarik untuk kami bawa,” ungkap Ricky Baheramsjah dilansir dari crash.net.

GM-helm PARD