Sempat Maksimal,  Ali Adrian Gagal Finish di WSSP 300 Misano

Sempat Maksimal,  Ali Adrian Gagal Finish di WSSP 300 Misano
Ali Adriansyah (Pertamina Almeria Racing Team)

BalapMotor.Net – Putaran kelima ajang World Supersport 300 berlangsung di Sirkuit Misano, Italia pada Minggu (18/6) kemarin. Ali Adriansyah Rusmiputro, pembalap muda Indonesia yang ikut tampil di kejuaraan ini memulai balapan dengan cukup baik. Start dari uritan ke-22, Adrian yang memacu Yamaha YZF-R3 mampu bersaing dengan baik.

Setelah 10 lap ia sudah dapat maju di posisi ke 7 dan sempat memimpin grup tercepat kedua setelah beberapa kali terlibat fight race dengan pebalap-pebalap Spanyol seperti, Scott Deroue, Daniel Valle, Borja Sanchez dan Mykta Kalini. Namun keberuntung belum berpihak padanya. Saat akan memasuki lap ke 11 Adrian mengalami low side crash yang menyebabkan ia belum berhasil finish di putaran kali ini.

Sejak sesi latihan bebas hingga kualifikasi Adrian cukup mengalami peningkatan. Namun terhalang set up motor hyang kurang maksimal mengakibatkan Adrian tak bias bersaing merebutkan waktu tercepat hingga posisinya tercecer.

Sempat Maksimal,  Ali Adrian Gagal Finish di WSSP 300 Misano
Sempat tampil maksimal, Adrian harus terjatuh
SSS Racing

“Saya mencoba mengejar grup kecil untuk mendapatkan waktu terbaik saat kualifikasi, namun saat itu saya belum mendapatkan waktu yang ideal. Lalu saya mencoba melambatkan motor agar bisa bergabung dengan grup tercepat, dan sayangnya di 1 lap terakhir sebelum kualifikasi berakhir, laju motor saya tidak maksimal karena terhalang pebalap di depan saya.” ujar Adrian.

Saat balapan berlangsung, selepas start Adrian melakukannya dengan cukup baik sehingga pada tikungan pertama ia berhasil mendahului 3 pebalap di depannya dan hanya membutuhkan 1 lap ia sudah berada di posisi 17. Adrian semakin mendapat ritme balapnya, ketika di lap 8 ia pun sudah memimpin grup kedua tercepat di balapan tersebut, ia berada di posisi ke 7 dan meninggalkan pebalap lainnya 0,4 detik.

Hal tersebut ternyata membuat pemakaian ban dan rem motor Adrian lebih cepat habis dibanding pebalap lainnya. Balapan kian memanas, disaat 3 lap terakhir Adrian terus meningkatkan kecepatan untuk mengejar grup tercepat di depannya, grip ban depan Adrian seketika hilang dan menyebabkan ia low side crash dan gagal finish pada putaran kelima di Sirkuit Misano kali ini.Sempat Maksimal,  Ali Adrian Gagal Finish di WSSP 300 Misano

Usai terjatuh Adrian sempat berusaha kembali ke lintasan untuk melanjutkan balap. Namun ia terpaksa harus masuk pit karena kondisi motor yang sudah tidak memungkinkan untuk dipakai melanjutkan perlombaan. Kondisi Adrian terlihat baik-baik saja, namun rasa kecewa terlihat pada dirinya karena gagal menyelesaikan perlombaan.

“Sayang sekali Adrian terjatuh disaat balapan hanya tinggal tersisa 3 lap, tapi ia menunjukan penampilan yang luar biasa karena ia start dari urutan ke 22 lalu berhasil maju hingga posisi ke 7 dan memimpin grup tercepat kedua diperlombaan dengan bersaing ketat dengan pebalap handal Spanyol yang saat ini berada di klasemen teratas, Scott Deroue. Tapi saya cukup senang melihat penampilan Adrian hari ini. “ pungkas David Garcia, selaku manager Pertamina Almeria Racing Team.

Selanjutnya pebalap yang didukung penuh oleh PT. Pertamina (Persero), Ali Adriansyah bersama Pertamina Almeria Racing Team akan kembali ke Jakarta untuk beberapa saat. Dan setelah itu ia akan berjuang mempersiapkan mental serta fisiknya di Sirkuit Almeria, Spanyol bersama David Garcia dan Maturana untuk menghadapi putaran keenam pada Kejuaraan World Supersport 300 yang akan berlangsung di Sirkuit Lausitzring, German pada 18 – 20 Agustus 2017 mendatang. | Tim

GM-helm PARD