Selain MotoGP, Suzuki Juga Mundur Dari Balap Endurance World Championship

Skuad Yoshimura SERT Motul 2022 | Foto : Suzuki

BalapMotor.Net – Setelah resmi memutuskan untuk mundur dari gelaran MotoGP setelah menyelesaikan musim 2022 ini, ternyata pabrikan Suzuki juga memutuskan untuk mundur dari balap ketahanan dunia yaitu FIM Endurance World Championship.

Suzuki akan meninggalkan balap FIM EWC setelah menyelesaikan musim 2022 ini. Padahal, sama seperti di MotoGP, tim pabrikan Suzuki di ajang EWC juga cukup moncer dan berprestasi.

LENKA MiniGP SSS Racing

Pada ronde pembuka FIM EWC 2022 di Le Mans, Prancis, pasukan Suzuki yang dibackup oleh Yoshimura berhasil menjadi jawara. Tim Yoshimura SERT Motul sendiri diperkuat oleh tiga pembalap yaitu Sylvain Guintoli, Gregg Black dan Xavier Simeon.

Presiden Suzuki yaitu Toshihiro Suzuki memberikan pernyataan resmi mengenai hal tersebut. “Suzuki telah memutuskan untuk mengakhiri partisipasinya di MotoGP dan EWC karena kebutuhan untuk mengalokasikan sumber daya untuk inisiatif keberlanjutan lainnya,” ungkapnya.

“Balap motor selalu menjadi tantangan untuk inovasi teknologi termasuk keberlanjutan dan tantangan membangun bisnis sepeda motor baru dengan reorientasi kemampuan teknologi sumber daya manusia yang teah kita kembangkan melalui kegiatan sepeda motor untuk mempelajari jalur lain untuk masyarakat yang berkelanjutan,” tambahnya.

Mengenai sisa musim 2022 ini, Toshihiro Suzuki juga mengatakan akan membackup semaksimal mungkin para pembalapnya. “Saya akan terus melakukan yang terbaik untuk mendukung Alex Rins, Joan Mir, tim Suzuki Ecstar dan Yoshimura SERT Motul agar mereka dapat bersaing secara kompetitif hingga akhir musim,” ungkapnya.

GM-helm VND Racing PARD