Regulasi Batas Minimal Usia Pembalap Moto3, Moto2 dan MotoGP Resmi Dirilis

Regulasi Batas Minimal Usia Pembalap Moto3, Moto2 dan MotoGP Resmi Dirilis | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Pembatasan minimal usia bagi para pembalap MotoGP akhirnya kembali diperbaharui. Hal ini menyusul tingginya crash fatal pada kelas Moto3 baik itu di MotoGP maupun di event pre-MotoGP. Makanya kini usia minimal pembalap MotoGP khususnya kelas Moto3 dinaikan.

Regulasi ini sendiri sudah dikeluarkan dan sudah dirilis oleh laman resmi MotoGP. Jadi pada kelas Moto3 sendiri usia minimal pembalap adalah 16 tahun. Sebelumnya, usia pada gelaran balap menuju MotoGP seperti European, British, Nothern dan Asia Talent Cup juga dinaikan batasnya menjadi 13 tahun.

LENKA MiniGP SSS Racing

Lisensi untuk pembalap dikeluarkan hanya ketika usia minimum telah tercapai sebagai berikut :
. Moto3 : 16 tahun (18 tahun pada 2023)
. Moto2 : 16 tahun, (18 tahun pada 2023)
. MotoGP: 18 tahun

Seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, di kelas Moto3 ada pengecualian yang berlaku bagi pembalap pemenang gelaran FIM Moto3 Junior World Championship atau Red Bull MotoGP Rookies Cup untuk bersaing di kelas Moto3 sebagai pembalap kontrak, wildcard atau pembalap pengganti.

Tetapi, untuk pembalap dari dua ajang tersebut tetap ada batasn usianya yaitu 15 tahun pada 2022 dan 16 tahun pada 2023. Untuk memastikan transisi yang mulus, Komisi GP akan memberikan pengecualian kepada pembalap yang memulai di Moto3 Dunia 2022 pada usia 16 tahun. Hal ini agar mereka dapat melanjutkan balap di Kejurdu Moto3 2023.

Lalu untuk pembalap pengganti, wildcard Moto3 dan Moto3 musim 2022 usia minimalnya adalah 17 tahun. Itu jika mereka tidak datang setelah menjadi pemenang di ajang Moto3 Junior dan Red Bull Rookies Cup.

Tambahan informasi, Komisi Grand Prix terdiri dari CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta; Paul Duparc dari FIM; Presiden Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA), Herve Poncharal; Lin Jarvis (Yamaha – MSMA); dan Paolo Ciabatti (Ducati – MSMA)

GM-helm VND Racing PARD