Rally Dakar 2020 Arab Saudi, Berikut Rute Yang Akan Dilewati

Foto by Dakar
Yamaha

BalapMotor.Net– Memasuki tahun Ke 40 mengarungi gurun pasir di seluruh Dunia, Kini di tahun 2020 Arab Saudi mendapat jatah sebagai Negara penyelenggara Rally Dakar selama 5 tahun.

Diawali dari kota Jeddah, dengan pertimbangan karena kota ini merupakan kota yang memiliki banyak sejarah sehingga akan menarik bagi peserta dan juga para pengunjung untuk menikmati Rally Dakar 2020. Persiapan peserta Rally Dakar beserta waktu scrutineering jatuh mulai tanggal 2 Januari 2020, lalu start rally pada tanggal 5 Januari 2020.

Bermula dari kota Jeddah menuju utara ke dekat perbatasan Yordania yang mana merupakan daerah pegunungan setelah para peserta melewati gerbang dua kota suci Mekkah dan Madinah. So, bukan hanya berlaga di gurun pasir nih, tapi peserta akan disuguhkan bebatuan cadas khas pegunungan tandus tanah Arab.

Rute Rallly Dakar. Foto By Fanspage Rally Dakar

Dari utara Arab saudi kemudian peserta rally menuju selatan menuju ke kota Riyadh yang pada pertengahan Rally terdapat satu Rest Dayyang bisa dimanfaatkan untuk repair motor dan juga pemulihan tubuh para pembalap baik itu motor, mobil, truck ataupun ATV (quad). Kota Riyadh dipilih karena merupakan salah satu kota besar dan memiliki jumlah pertumbuhan penduduk yang pesat sekitar kurang lebih 6 juta jiwa. Belum diinformasikan secara mendetail etape-etape yang harus dilewati oleh peserta, namun dengan gambaran luas seperti ini sudah pasti rally akan tetap menantang.

Sementara titik finish Rally Dakar 2020 Saudi Arabia nanti akan mengambil lokasi di kota Al Qiddiya di sebelah selatan kota Riyadh, dimana kota ini dirancang oleh pihak kerajaan sebagai destinasi wisata olah raga dan juga wisata budaya sebagai magnet pariwisata Saudi Arabia yang baru. Rally Dakar 2020 merupakan sebuah sejarah untuk ajang ini karena untuk pertama kalinya digelar di daratan benua Asia. Pun dengan demikian gelaran Rally Dakar yang ke 42 mendatang tetap memiliki tantangan/rintangan yang lengkap mulai dari rintangan gurun pasir, pegunungan tandus, lembah gersang dan juga track pantai di tepi Laut Merah.

Kabar baik yang juga datang dari Rally Dakar Saudi Arabia adalah adanya rencana bahwa pihak kerajaan Arab saudi ingin ikut memakmurkan negara-negara tetangga atas dihelatnya event akbar Rally Dakar. Seperti negara Yordania untuk diajak bekerja sama pada masa mendatang untuk menggelar Rally Dakar, dan diharapkan menyusul negara tetangga lainnya akan dalam catatan penting jika situasi keamanan yang terjamin. |fajar

SSS Racing GM-helm