Race 1 Yamaha Asean Cup Sentul : Tim Indonesia Jawara Di Sport 150, Kalah Di Bebek

GM-helm

BalapMotor.Net – Penampilan para pembalap Yamaha Indonesia diajang Yamaha Asean Cup Race 2014 Race 1 yang berlangsung di Sirkuit Sentul 7 Desember2014 bisa dikatakan bikin kaget. Pada awalnya banyak yang mengira kalau para kontingen Indonesia bakalan sulit di kelas sport ST 150 dan ST 250 dan bakalan berjaya di kelas bebek MT110. Namun di race 1 berbeda hasilnya.

Di kelas bebek para kontingen Indonesia yang diwakili oleh Doohan Akbaruzaman, Awhin Sanjaya, Anggi Setiawan, Yoga Adi Pratama dan Syamsul Arifin tidak bisa berbuat banyak. Meskipun sempat memimpin, namun kontingen Yamaha Indonesia hanya bisa bertengger di posisi terbaik ke-3 yang diraih oleh Yoga Adi Pratama pembalap asal Gunung Kidul DIY. Sedangkan Anggi Setiawan yang sempat terdepan malahan terjath di lap terakhir.

Di kelas Bebek Malah Kurang Bertaji
Di kelas Bebek Malah Kurang Bertaji

Berbeda dengan di race kelas sport ST 150 yang mengunakan kuda besi Yamaha R15 kontingen Yamaha Indonesia malah bisa menguasai podium 1,2 dan 3. Sejak lepas start ada Rheza Danica, Handy Tuahatu, Agus Setyawan, Fitriansyah Kete mampu menguasai jalanya balapan. Di barisan depan cuma terselip satu pembalap Malaysia yang sempat menyulitkan, namun malah seperti di permainkan oleh para pembalap Indonesia yang berada di barisan depan. Rheza Danica yang start terdepan mampu jadi juara disusul oleh oleh Handy Tuahatu dan Fitriansyah Kete.

Memang aneh karena para pembalap Indonesia kebanyakan basisnya merupakan para pembalap bebek, sangat berbeda dengan lawanya di kelas ST150 dari negara lain yang sudah terbiasa dengan balap kelas sport. Diantara 3 pembalap yang naik podium saja hanya Firiansyah Kete yang sudah terbiasa naik motor kelas Sport.

” Awalnya saya ragu, namun saat membalap saya tidak menyangka saya bisa tampil di barisan depan dan bisa podium kedua. ” tutur Handy Tuahatu pembalap Sulawesi yang baru pertama kalinya menjadi wakil Indonesia di ajang Yamaha Asean Cup ini.

Handy Tuahatu, Rheza Danica dan Fitriansyah Kete
Handy Tuahatu, Rheza Danica dan Fitriansyah Kete

Semoga saja nanti di race ST250 yang hanya dibikin 1 race dan akan melawan Jorge Lorenzo, apakah kontingen Indonesia yang mengusung Sudharmono, Sigit PD, Emanuel, Rey Ratukore dan Galang Hendra mampu bikin harum Indonesia lagi.Kita tunggu saja updatenya di BalapMotor.Net tentunya. luvo | Heri

Hasil Race 1 Kelas MT Yamaha Jupiter Z1 :

1. Mohd Affendi Bin Rosli    ( Yamaha Malaysia )

2. Peerapong Luiboonpeng  ( Yamaha Thailand )

3. Yoga Adi                           ( Yamaha Indonesia )

Hasil Race 1 Kelas ST 150 ( Yamaha R15 ) : 

1. Rheza Danica                    ( Yamaha Indonesia )

2. Handy Tuahatu                 ( Yamaha Indonesia )

3. Fitriansyah Kete                ( Yamaha Indonesia )

SSS Racing