Pisah Dari Honda, Ten Kate Siap Comeback ke WorldSBK Dengan Pabrikan Lain

pisah-dari-honda-ten-kate-siap-comeback-ke-worldsbk-dengan-pabrikan-lain
Penampilan Jack Gagne musim lalu bersama Ten Kate Racing di Misano | Foto: motorsport
Yamaha

BalapMotor.Net – Ten Kate Racing tengah bekerja keras untuk bisa kembali ke ajang WorldSBK awal musim ini. Tim yang sempat berkolaborasi dengan Honda dalam kurun waktu yang lama ini, ternyata sangat berhasrat untuk bisa comeback ke WorldSBK.

Setelah berpisah dengan Honda, Ten Kate diberitakan bangkrut. Ten Kate juga tak bisa mendapatkan dukungan dari pabrikan, untuk ikut meramaikan WorldSBK sejak awal musim. Ten Kate pun sempat berada dalam situasi sulit.

Perlahan tapi pasti Ten Kate bangkit, usai WorldSBK Australia. Muncul spekulasi yang menyebutkan bahwa Ten Kate segera comeback ke grid, dikabarkan dengan pabrikan yang berbeda. Ten Kate dirumorkan akan kembali awal April mendatang.

“Kami terus bekerja keras untuk kembali musim ini. Juga ada alasan, mengapa kami tidak berbicara dengan media, karena kami memilih untuk melakukannya di lingkungan yang mudah tanpa adanya tekanan dari siapa pun. Kami akan terus bekerja demi mencapai tujuan besar itu. Tapi kami belum berbicara ke media mengenai rencana ini, siapa pembalapnya dan dengan pabrikan mana. Kami butuh waktu untuk beristirahat sejenak,” ucap Team Manager, Kervin Bos, dikutip dari laman motorsport.com.

Tak sulit bagi Ten Kate untuk mendapatkan pasokan motor dari pabrikan, mengingat tim sudah punya pengalaman di WorldSBK. Ten Kate sudah dikaitkan dengan Yamaha, yang memasok motor untuk Crescent dan GRT, dan juga Suzuki yang absen di kejuaraan ini sejak 2015 lalu. Loris Baz, yang musim lalu bersama Althea disebut-sebut bakal jadi kandidat kuat pembalap tim, lantaran Dorna inginkan ada wakil dari Prancis di starting grid WorldSBK.

Ditanya kemungkinan Ten Kate kembali dengan pabrikan yang ada saat ini, Bos menjawab: “Kemungkin besar tidak, karena itu sangat sulit buat kami untuk bisa berbicara soal masa depan kami. Kami terus bekerja keras. Sebenarnya kami sudah melakukan sejumlah persiapan, tetapi kami belum mau mengutarakannya dalam beberapa bulan mendatang,” paparnya.

Jika nantinya terealisasi, kembalinya Ten Kate Racing ke ajang WorldSBK akan membuat jumlah motor yang ada di grid menjadi 19. Tetapi perlu dipahami, kembalinya sebuah tim yang sudah keluar tidak akan terwujud sebelum balapan di Jerez. [DK]

GM-helm SSS Racing