Perekrutan Sam Lowes Musim Lalu Bagi Aprilia Adalah Sebuah Kesalahan, Dampaknya Terasa Pada MotoGP Musim Ini

perekrutan-sam-lowes-musim-lalu-bagi-aprilia-adalah-sebuah-kesalahan-dampaknya-terasa-pada-motogp-musim-ini
Dampak perekrutan Sam Lowes musim lalu masih dirasakan Aprilia musim ini | Foto: autosport

BalapMotor.Net – Bos Aprilia MotoGP Romano Albesiano merasakan dampak dari perekrutan Sam Lowes pada musim lalu, menurutnya mendatangkan Lowes yang kala itu berstatus rookie merupakan sebuah kesalahan.

Lowes yang dianggap masih belum berpengalaman tak berikan dampak positif proyek Aprilia MotoGP tahun lalu, serentetan hasil buruk pun diraih. Namun, di awal musim ini mendatangkan Redding juga hasilnya sama saja, Albesiano mengatakan ini seperti efek berkepanjangan.

LENKA MiniGP SSS Racing

Albesiano mengakui Aprilia membuat kesalahan dengan memilih untuk tidak mempertahankan salah satu pembalapnya di musim 2016, antara Stefan Bradl atau Alvaro Bautista, untuk bergabung dengan Espargaro, bukannya memilih Sam Lowes di musim berikutnya.

“Saya akui dari sudut pandang ini (mencoret Bradl dan Bautista) merupakan kesalahan. Kesalahan utamanya adalah bertaruh pada pembalap muda ketika motor tidak pada level yang tepat,” ungkap Albesiano kepada La Gazzetto dello Sport.

“Masalahnya tidak menggantikan keduanya, Aleix memangkas satu detik ketika berkendara, tetapi memiliki pembalap lain yang berpengalaman akan lebih baik. Dari sudut pandang ini, kami masih menderita atas konsekuensi (penandatanganan Lowes),” tuturnya.

perekrutan-sam-lowes-musim-lalu-bagi-aprilia-adalah-sebuah-kesalahan-dampaknya-terasa-pada-motogp-musim-ini
Performa Scott Redding juga tak bagus dengan RS-GP | Foto: autosport

Dengan delapan balapan tersisa musim ini, Aprilia berada di posisi keenam klasemen pabrikan, berada di posisi buncit tertinggal 13 poin dari pendatang baru KTM. Hasil terbaik Espargaro musim ini adalah tempat kesembilan di Le Mans, dengan Redding tak pernah finish 10 besar.

Pembalap Inggris sangat menyedihkan penampilannya di Austria, hanya mampu finish di posisi 20. Redding sempat frustasi atas hasil itu sehingga menyalahkan performa RS-GP dan melontarkan kata-kata kasar pada Aprilia, namun pada akhirnya di memberikan permintaa maaf. Aprilia akan menjalani tes di Misano, bersama dengan Ducati dan Yamaha demi terus tingkatkan performa. [DK]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD