Penasaran Dengan Busi NGK Yang Dipakai Hampir Semua Motor MotoGP ?

Hampr Semua Pacuan MotoGP Pakai Busi NGK, Tipenya Apa Yah ?
Motor-Motor MotoGP hampir semuanya menggunakan busi NGK | Foto : MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Balap mania ada yang penasaran nggak nih, mengenai busi yang digunakan pada kuda pacu MotoGP. Ternyata, hampir seluruh pacuan MotoGP ternyata menggunakan busi NGK lho.

Untuk MotoGP musim 2018 sendiri sebut saja dari Ducati Team, lalu Repsol Honda, Monster Yamaha Tech 3, Movistar Yamaha MotoGP, Estrella Galicia 0,0 Marc VDS, Team Suzuki Ecstar, LCR Honda semuanya menggunakan busi NGK.

Pastinya yang membuat penasaran adalah busi NGK apa sih yang digunakan oleh motor-motor tersebut. Penulis langsung nih bergerilia untuk mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Akhirnya Diko Oktaviano selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia memberikan informasi mengenai hal tersebut.

Diko Oktaviano dari NGK Busi Indonesia

Ternyata Diko yang merupakan orang internal NGK tidak diberitahukan tipe pasti dari busi yang digunakan. “ Kalau tipenya, kita di internal tidak pernah dikasih tahu detail part numbernya. Soalnya ini menyangkut privasi masing-masing pabrikan,” ujar Diko Oktaviano kepada penulis.

Meski tidak mengetahui secara detail part number busi NGK yang digunakan, Diko membeberkan kategori busi tersebut. “Hanya saja kita dikasih tau kategorinya yaitu Racing Competition yang warna merah,” tambah Diko.

Aksi Marquez, juara dunia MotoGP 2018 pakai busi NGK | Foto : MotoGP

Diko juga menambahkan bahwa busi tersebut basicnya sama dengan yang digunakan di Asia Road Racing Championship (ARRC). “Kalau berangkat dari basicnya di ARRC pakai tipe R0373A- mas,” terang Diko yang juga sering datang langsung melihat gelaran balap motor nasional ini.

Dengan informasi ini bisa disimpulkan bahwa busi motor-motor di MotoGP sebagian besar adalah busi NGK. Untuk tipe pastinya ternyata setiap pabrikan mempunyai privasi masing-masing yang tidak boleh diketahui public. Maklum, motor MotoGP itu sangat istimewa. | Luvo

SSS Racing GM-helm