Pembalap Pertamina Mandalika Moto2 Putuskan Pensiun!

Tom Luthi (Pertamina Mandalika SAG Team)

BalapMotor.NetJuara Dunia 125cc tahun 2005, Thomas Luthi telah mengumumkan bahwa dia akan pensiun pada akhir tahun 2021. Pembalap asal  Swiss itu akan mengambil peran sebagai Direktur Olahraga PrustelGP.

Saat ini, Tom Luthi masih berjuang di Kejuaraan Dunia Moto2 bersama tim asal Indonesia, (Pertamina Mandalika SAG Team). Dia sementara menempati posisi ke-23 klasemen sementara dengan 11 poin.

Tom Luthi Pembalap Pertamina Mandalika SAG Team |Foto: Speedweek

Dalam karirnya, Pembalap berusia 34 tahun ini telah mengklaim 65 podium Grand Prix yang luar biasa, rekor 53 di kelas Moto2 dan memiliki 17 kemenangan atas namanya di sepuluh sirkuit yang berbeda.

SSS Racing

Luthi juga sempat melangkah ke MotoGP pada 2018 dengan tim EG 0,0 Marc VDS, tetapi setelah musim rookie yang sulit, pebalap Swiss itu kembali ke kelas menengah. Dia kembali dengan gemilang pada 2019 dan menempati posisi ketiga kejuaraan.

Tom Luthi Pembalap Pertamina Mandalika SAG Team |Foto: MotoGP

“Keputusan saya untuk mengakhiri karir aktif saya sebagai pebalap profesional tentu saja menjadi jauh lebih mudah dengan kesempatan keterlibatan saya sebagai Direktur Olahraga di PrüstelGP,” kata Luthi dilansir dari motogp.com.

“Saya sangat menantikan untuk dapat berkontribusi pada kesuksesan olahraga dalam peran baru. Untuk dapat meneruskan pengalaman saya dan bekerja sama dengan talenta muda. Saya yakin tim PrüstelGP dan saya akan melengkapi satu sama lain dengan sempurna,” tambahnya.

GM-helm PARD