Pembalap 19 Tahun Ini Akan Awali Debut di MotoGP Seri Valencia Gantikan Miguel Oliveira

Iker Lecuona. |Foto: MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Pembalap 19 tahun tersebut yaitu Iker Lecuona akan melakukan debut MotoGP pada seri final 2019 yang berlangsung di Valencia untuk Miguel Oliveira yang cedera di tim Red Bull Tech3 KTM.

Setelah menandatangani kesepakatan kontrak dengan Tech3 untuk musim 2020. Pembalap Spanyol itu akan diberikan debut di kelas premier bersama tim Prancis (Red Bull Tech3 KTM) dengan Oliveira yang terpaksa absen di seri final MotoGP 2019 karena cedera.

Oliveira mulai absen dalam seri Grand Prix Australia setelah mengalami tabrakan hebat di tikungan pertama Phillip Island ketika ia dihempaskan angin kencang dan mengalami cedera tangan. Miguel Oliveira berjuang dengan cedera ligamen bahu kanan yang berkelanjutan setelah alami crash dengan Johann Zarco di Silverstone awal tahun ini.

Setelah mencoba FP1 di Grand Prix Malaysia Miguel Oliveira memilih absen karena sakit dari bahu kanannya. Oliveira kembali ke Eropa dan sukses menjalani operasi di bahu kanannya dan berupaya untuk kembali mengembalikan kebugarannya untuk mengarungi MotoGP musim 2020.

Dengan hal tersebut, Iker Lecuona dipanggil sebagai pengganti Oliveira untuk seri terakhir di Valencia setelah diberi izin untuk naik ke kelas premier oleh tim’nya saat ini yaitu American Racing.

Iker Lecuona saat berada diatas kudabesi American Racing . |Foto: MotoGP

“Memiliki kesempatan ini home race dan membalap di kelas premier adalah momen yang membanggakan bagi saya. Kita harus menikmati pengalaman indah ini, tetapi yang terpenting, pelajari sebanyak mungkin untuk masa depan.” Ucap Iker Lecuona

“Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa bantuan dan dorongan dari Hervé Poncharal, serta Eitan Butbul [pemilik tim] dan kru Tim Balap Amerika yang luar biasa, mereka membantu saya untuk tumbuh sebagai pembalap yang hebat.” Tutup pembalap yang masih berusia 19 Tahun tersebut

“Saya juga berharap pemulihan Oliveira akan cepat dan berjalan lancar, ia yang akan menjadi rekan setim saya musim depan. Saya akan memberikan yang terbaik di Valencia nanti.”

Dengan hal tersebut menandai berakhirnya masa Lecuona di Moto2 setelah menjalani 55 race dan mendapatkan 2 podium. American Racing juga telah mengonfirmasi Sean Dylan Kelly akan menggantikan Lecuona untuk debutnya di Moto2 di Valencia bersama Joe Roberts untuk serifinal tahun ini. Kelly menghabiskan musim 2019 di kejuaraan MotoAmerica Supersport dan juga mantan pebalap Red Bull Rookies Cup. |Fajar

GM-helm SSS Racing