North America Talent Cup Pakai Pacuan Aprilia RS250 SP2, Kok Nggak Pakai Moto3?

Aprilia RS250 SP2 pacuan di North America Talent Cup

BalapMotor.Net – Dorna benar-benar sangat serius mencari talenta pembalap dari berbagai penjuru dunia. Setelah adanya Asia Talent Cup, European Talent Cup, British Talent Cup dan Northem Talent Cup serta Red Bull Rookies Cup, pada tahun 2022 hadir juga North America Talent Cup (NATC).

Ajang NATC sendiri menjadi wadah para pembalap muda di Amerika utara yang mencakup, Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada menuju jenjang balap MotoGP. Ini tentunya sama seperti ajang-ajang talent cup yang sudah ada sebelumnya di wilayah lain.

LENKA MiniGP SSS Racing

Menariknya, seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, ajang NATC sendiri tidak menggunakan pacuan spek Moto3 seperti yang lainnya. NATC sendiri menggunakan pacuan Aprilia RS250 SP2. Jadi motor ini merupakan motor produksi massal, namun dengan spek spesial (SP).

Tetapi, untuk power mesin dari Aprilia RS250SP2 sendiri hanya 30 HP gaes. Ini tentunya berbeda jauh dengan Honda NSF250R (Moto3) yang digunakan pada ajang ATC dan yang lainnya. Powernya 60HP.

Ternyata tujuannya sendiri agar balapan NATC sendiri bisa lebih terjangkau. Jadi menggunakan motor yang sama, tetapi motornya tidak disediakan oleh penyelenggara. Jadi tim masing-masing yang menyiapkannya, tetapi pastinya dengan regulasi yang ketat.

Dorna sendiri telah mengumumkan entry list peserta untuk NATC musim 2022 ini.Sebanyak 17 pembalap muda sudah terdaftar dan siap bertarung. Berikut entry list NATC 2022 :

GM-helm VND Racing PARD