Nomor #69 Milik Hayden Resmi Dipenisunkan dari MotoGP, Diberikan di COTA

nomor-69-milik-hayden-resmi-dipenisunkan-dari-motogp-diberikan-di-cota
Nomor #69 milik Nicky Hayden resmi dipensiunkan dari MotoGP | Foto: Crash
Yamaha

BalapMotor.Net – Nomor milik Almarhum Nicky Hayden resmi dipensiunkan dari MotoGP, #69 dipastikan hanya milik Kentucky Kid. Penganugerahan ini langsung diberikan oleh Presiden FIM Jorge Viegas dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta kepada pihak keluarga, jelang bergulirnya MotoGP Amerika, Jumat (12/4).

“Sejak awal ketika kami kehilangan dia, saya berpikir untuk melakukan sesuatu. Nicky adalah sosok yang istimewa bagi kami, perilakunya sangat fantastis. Kami berbicara dengan FIM meminta agar #69 dipensiunkan selamanya karena ini menjadi nomor yang penting buat seseorang dan kami bangga melakukannya. Suatu kehormatan besar bagi kejuaraan kami untuk memiliki Nicky sebagai bagian dari sejarah kami,” ucap Carmelo Ezpeleta dikutip dari laman crash.net.

“Ketika Dorna mengusulkan untuk pensiunkan nomor ajaib ini, kami tidak ragu sama sekali karena ada beberapa pembalap – terlepas dari jumlah gelarnya – punya keisitimewaan. Kami semua merasa kehilangan sosok yang begitu mencintai dunia balap motor tetapi dia tetap ada di hati kita semua, selamanya, Nicky satu-satunya,” sambung Jorge Viegas.

Kakak Nicky, Tommy ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Nomor #69 memiliki nilai sejarah bagi keluarga, dan mempensiunkan nomor ini di kejuaraan MotoGP tentunya sangat berarti buat keluarga dan Nicky sendiri.

“Terima kasih kepada semuanya yang telah hadir disini bersama kami. Nicky mencintai MotoGP karena suatu alasan, ada banyak orang di sini yang berhasil meraih kesuksesan. Nicky juga demikian, memiliki kesuksesan di lintasan, tetapi saya pikir kita semua sepakat bahwa dia memberi dampak besar di luar lintasan terhadap kehidupan semua orang – baik itu teman, keluarga dan fans. Itu sesuau yang kami banggakan,” ucap Kakak Nicky, Tommy.

“Nomor #69 adalah nomor spesial di keluargaku. Ayah saya membalap dengan nomor ini, lalu anggota keluarga yang lain, kakakku, adikku Roger, begitu juga dengan saya semasa kecil. Nicky kemudian menggunakan nomor itu sepanjang kariernya, jadi ini memiliki banyak makna. Mempensiunkan nomor ini dari MotoGP, tentunya sangat berarti buat kami. Terima kasih buat semuanya yang telah menjaga warisan Nicky agar tetap hidup,” tambahnya.

nomor-69-milik-hayden-resmi-dipenisunkan-dari-motogp-diberikan-di-cota
Secara simbolis ayah Nicky menerima nomor #69 dari Presiden FIM (kiri) dan CEO Dorna (kanan) | Foto: Crash

#69 secara simbolis diberikan kepada Earl, Ayah Nicky oleh Ezpeleta dan Viegas. Sebagai tanda kalau nomor milik Kentucky Kid ini sudah dipensiunkan dari MotoGP. Rencananya motor yang jadi tunggangan Nicky Hayden kala memenangi MotoGP Amerika di musim 2006 akan dipanjang di depan grid sebelum race MotoGP Amerika dimulai, Minggu (14/4). [DK]

GM-helm SSS Racing