Nih 10 Fakta Menarik Dari Sang Juara Dunia WorldSBK 2021 Toprak Razgatlioglu

Selebrasi kemenangan Toprak | Foto : WorldSBK

BalapMotor.Net – Meskipun hanya finis runner up pada race 1 dan keempat pada race 2 di ronde akhir WorldSBK 2021 yang digelar di sirkuit Mandalika,Lombok (21/11),tetapi akhirnya Toprak Razgatlioglu berhasil meraih gelar juara dunia WorldSBK musim ini.

Rider tim Pata Yamaha With Brixx WorldSBK ini berhasil menggeser dominasi Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) yang sudah 6 musim berturut-turut jadi juara dunia. Rea yang menjuarai dua kali balapan di Mandalika sendiri harus puas jadi runner up.

Perayaan kemenangan Toprak | Foto : WorldSBK

Penasaran dengan Toprak? Yuk disimak beberapa fakta mengenai pembalap asal Turki ini yang penulis kutip dari laman resmi WorldSBK.

SSS Racing

1. Toprak Razgatlioglu lahir pada 16 Oktober 1996 di Alanya, Turki. Hari ulang tahunnya sendiri berbarengan dengan rekan setimnya musim ini, Andrea Locatelli.

2. Toprak tinggal di Sakarya, Turki bersama ibunya. Rumahnya ternyata tidak jauh dari tempat dia berlatih di sirkuit Karting milik Kenan Sofuoglu.

3. Toprak ditarungkan dalam gelaran Superstock 600cc Eropa untuk pertama kalinya adalah di Magny-Course Prancis oleh Kenan Sofuoglu dan dia mampu memenangkan race dengan hanya berbeda dua persepuluh detik saja dari Anthony Dumont dan Niki Tuuli.

4. Legenda balap Turki yang merupakan juara dunia lima kali WorldSSP Kenan Sofuoglu merupakan manajer sekaligus mentornya. Nomor start #54 yang digunakan Toprak juga merupakan nomor start Kenan yang diturunkan ke Toprak.

5. Selain balap, Toprak juga penggemar olahraga esktrim. Dia menikmati bermain jet ski, fliteboarding dan jika musim dingin dia bermain snowboarding.

6. Toprak sendiri merupakan juara dunia WorldSBK asal Turki pertama. Sebelumnya Kenan Sofuoglu hanya bisa juara dunia pada kelas WorldSSP atau kelas dibawah WorldSBK. Kenan sendiri pernah tarung di WorldSBK tetapi hasilnya tak begitu cemerlang.

7. Ada tulisan inisial T.T.A, ternyata ada arti tersendiri gaes. T pertama adalah nama depannya “Toprak”, lalu T kedua adalah nama saudaranya Tumay dan terakhir huruf A ternyata adalah nama mendiang sang ayah yaitu Arif. Ayah Toprak meninggal karena kecelakaan sepeda motor di Turki.

8. El Turco menjadi julukan baru Toprak. Julukan tersebut ternyata dibuat oleh para penggemarnya di Argentina. Julukan tersebut diberikan saat Toprak datang ke San Juan Argentina.

9. Toprak merupakan pembalap Muslim. Hal tersebut membuatnya tidak menyemprotkan sampanye saat di podium.

10. Ternyata nih, aksi freestyle Toprak mengikuti jejak mendiang ayahnya. Toprak sendiri cukup terkenal dengan aksi stoppienya saat hendak masuk tikungan.

Aksi Stoppie Toprak di Mandalika setelah menjadi juara dunia | Foto : WorldSBK
GM-helm PARD