MotoGP 2015 : Nih Dia Senjata Baru Yamaha Gempur Honda

GM-helm

BalapMotor.Net – Sesi uji coba resmi MotoGP yang kedua di Sirkuit Sepang, Malaysia, 23-25 Februari nanti akan menjadi momen penting bagi Movistar Yamaha MotoGP. Keinginan duet pembalap mereka, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, untuk mendapatkan transmisi seamless yang full (tambah dan kurangi gigi) pada Yamaha M1 2015 segera terpenuhi.

Yamaha Factory Racing akan menerapkan sepenuhnya teknologi tersebut saat digelar tes pra musim kedua di Sepang tersebut. Selama ini Yamaha baru aplikasi seamless saat tambah gigi saja sedang Honda sudah full seamless tambah dan kurangi gigi.

“Saat ini gearboxnya sudah ada dan itu akan menjadi skenario yang realitis. Yang terpenting dengan gearbox adalah tidak membuat kesalahan karena berbicara soal keselamatan pembalap. Bila gearbox sampai malfungsi bisa berakibat fatal. Ini sesuatu yang sangat penting untuk Yamaha, apapun yang kami terapkan kami yakin 100% dengannya. Untuk itu kami harus pastikan gearbox ini melewati masa uji yang ketat,” terang Lin Jarvis, pimpinan Yamaha Racing Factory MotoGP.

Rossi dan Lorenzo menganggap keunggulan Marc Marquez atas mereka di dua musim terakhir adalah karena Honda lebih cepat mengaplikasikan seamless gearbox pada Honda RC2132V. “Seamless untuk gigi turun direncanakan akan datang dicoba di Sepang nanti. Jelas akan sangat membantu,” ungkap Lin Jarvis. RK

SSS Racing