Meski Tak Membalap di MotoGP 2021, Andrea Dovizioso Mempunyai Rekor Yang Sulit Dipecahkan Bahkan Oleh Pembalap Lain!

Andrea Dovizioso |Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Nama Andrea Dovizioso sudah hampir dipastikan akan absen di MotoGP 2021. Meski  akan absen, Andrea Dovizioso mempunyai rekor yang sangat sulit dipercahkan oleh pembalap lain.

Tercatat Andrea Dovizioso mengikuti 327 balapan Kejuaraan Dunia Balap Motor atau 34,2 persen dari total race yang digelar sejak event ini berlangsung tahun 1949 yaitu 956 balapan.

Hebatnya sejak debutnya sebagai pembalap utama pada tahun 2002, rider berusia 34 tahun itu tak pernah absen sekalipun. Data statistik menuliskan pada MotoGP Catalunya 2019, ia mencatat 300 balapan beruntun tanpa absen.

SSS Racing

Lalu pada putaran terakhir di MotoGP Portugal 2020, angkanya sudah mereoket ke 326 race berturut-turut selalu mentas. Angka 326 itu merupakan sebuah rekor yang akan sulit dikalahkan.

Pencapaian Andrea Dovizioso bahkan sulit dikalahkan pembalap hebat lain seperti Marc Marquez atau Valentino Rossi. Karena posisi kedua pembalap terpanjang tanpa absen adalah Valentino Rossi. Itupun haya 230 balapan berurut-turut. Mengingat Rossi tahun ini bakal berusia 42 tahun, maka mustahil buatnya mengejar rekor Dovizioso.

Marc Marquez sebenarnya masih berpeluang. Karena usianya bahkan menyentuh 30 tahun. Hanya saja pembalap Repsol Honda itu tipe rider dengan risiko cedera tinggi. Sehingga kans kembali absen banyak balapan seperti MotoGP 2020 sangat besar dirasakan Marc Marquez di masa depan. Artinya level konsistensi Andrea Dovizioso memang fantastis. Yang kurang darinya hanya titel juara dunia MotoGP.

GM-helm PARD