Menurut Marquez, Ban Lunak Jadi Kunci Performa Apik Pedrosa

Menurut Marquez, Ban Lunak Jadi Kunci Performa Apik Pedrosa
Ban Lunak jadi kunci performa apik Dani Pedrosa musim ini | foto: motorsport

BalapMotor.Net – Marc Marquez mengatakan kalau ban yang soft (lunak) menjadi kunci dari performa apik Dani Pedrosa di musim ini. Setelah lima balapan, Marquez berada di posisi keempat klasemen sementara, sedangkan Dani Pedrosa berhasil menjadi runner up di klasemen sementara.

Ini jadi pertama kalinya sejak pertengahan musim 2013, Dani Pedrosa berhasil menjadi runner up klasemen sementara. Jelang balapan di Mugello, Michelin akan membawa ban versi lama, setelah 20 dari 23 pembalap mendukung hal itu. Namun, Marquez performanya kurang memuaskan akibat dari ban, tentu ini akan jadi dilema buat sang juara bertahan.

“Sudah jelas motornya tidak jelek sama sekali, dan di Jerez memang jadi yang terbaik dari semuanya,” kata Marquez. “Tetapi di Le Mans semua berubah, saya alami kendala lebih dari Dani karena ban depan. Karakteristiknya lebih lembut, sedangkan gaya membalap saya banyak memanfaatkan pengereman. Sedangkan Dani punya gaya yang jauh lebih halus, jadi set-upnya sangat tidak cocok buat gaya saya,” tambahnya.

SSS Racing

“Apapun, saya akan lebih khawatir jika tidak berubah. Tapi menurut saya, kompon ban depan yang akan kami pakai mulai dari Italia akan membuat saya lebih menemukan limit dan kembali mendapatkan kepercayaan diri,” tutup Marquez.

Hanya pemimpin klasemen sementara Vinales, Jorge Lorenzo dan Loris Baz yang menolak Michelin membawa ban depan dengan konstruksi lebih kaku. Sedangkan Pedrosa termasuk dari 20 pembalap yang sepakat dengan Michelin untuk membawa ban baru ke Mugello, meski sesungguhnya performa apik Pedrosa di musim ini pengaruh dari ban lunak.

“Anda hanya punya lima ban (depan) sepanjang akhir pekan (dari spesifikasi tertentu). Jadi, pada beberapa titik, saya akan memakai 70 (opsi ban depan lebih keras),” terang Pedrosa. Lebih baik menyesuaikan diri dan beradaptasi kepada motor secepat mungkin sesegera mungkin dengan keadaan baru ini,” tambahnya. (Deni)

GM-helm PARD