M1 Kembali Tunjukkan Performa Baik di Le Mans, Rossi Tak Menyangka

m1-kembali-tunjukkan-performa-baik-di-le-mans-rossi-tak-menyangka
Valentino Rossi catatkan waktu tercepat ketiga pada sesi FP2 (18/5) di Le Mans | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Tampil buruk di Jerez dan tes Mugello, Valentino Rossi ungkapkan performa M1 pada dua sesi Free Practice MotoGP Prancis yang membuat dirinya sedikit tak menyangka, pasalnya M1 sama seperti pada musim lalu mampu kencang di Le Mans.

The Doctor selama dua sesi Free Practice mampu catatkan waktu yang kompetitif, pada FP1 dirinya mencatatkan waktu 1menit 32.777detik dan berada di posisi keenam, sementara pada FP2 catatan waktunya dipertajam dan menempati posisi ketiga dengan 1menit 32.179detik.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Ini hari Jumat, tapi jadi awal yang baik. Lebih positif dari apa yang saya perkirakan sebelumnya. Di Jerez kami alami kesulitan. Tetapi kami melakukan tes di Mugello dan kami juga cukup lamban. Jadi, saya sangat khawatir terkait akhir pekan ini di Le Mans,” ucap Rossi.

“Tapi di trek ini kami bekerja dengan sangat baik. Dan saya pikir M1 cocok dengan layout sirkuit Le Mans, aspalnya sangat bagus, memiliki grip melimpah dan temperatur yang rendah. Ketika dua hal ini digabungkan, permasalahan pada elektronik menjadi tidak begitu penting, jadi kami terlihat seperti tak mengalami masalah. Ini menunjukkan bahwa motor ini (secara teknis) bagus,” tambahnya.

Meski tidak tahu mengapa performa M1 sangat kencang di sirkuit yang di atas kertas bukanlah trek yang pas buat Yamaha. Namun, The Doctor menganggap layout trek menutupi kelemahan motor dalam sesi elektronik.

“Saya tidak tahu! Sulit untuk mengatakannya. Anda tiba dari Jerez, dimana Anda memiliki banyak masalah dan Anda menggunakan motor yang sama di sini, dan kondisinya ternyata baik-baik saja. Jadi, ini seperti gabungan antara motor, ban dan juga trek yang bekerja,” paparnya. [DK]

GM-helm VND Racing PARD