Loris Baz Selamat Saat Terjatuh Di Kecepatan 290KMH Karena Air Bag?

Loris Baz setelah terjatuh

BalapMotor.Net – Tragedi jatuhnya Loris Baz pada saat tes MotoGP Sepang beberapa hari yang lalu mamang cukup menarik perhatian. Bagaimana tidak jatuhnya pembalap Avintia Ducati ini di trek lurus dengan kecepatan 290kmh tentu saja cukup ngeri.

Untuk penyebab kecelakaanya sendiri saat ini ban michelin dianggap sebagai penyebabnya karena ban pecah. Karena hal tersebut juga kini diwajibkan pemasangan alat pengukur suhu ban di motor MotoGP yang diletakan di bagian dalam pelek dan tentunya di dalam ban.

LENKA MiniGP SSS Racing

Nah selain masalah ban, Alpinestar baju balap yang digunakan oleh Loris Baz tenyata mampu membuktikan kualitasnya. Meskipun ada beberapa sobekan di baju balap yang digunakanya, namun teknologi air bah yang digunakan di baju balap Alpinestar tersebut mampu melindungi Loris.

Data sistem kerja air bag di wearpack Loris Baz saat terjatuh
Data sistem kerja air bag di wearpack Loris Baz saat terjatuh

Menurut pihak Alpinestar yang telah meneliti baju balap Loris Baz, air bag dipicu 1,9 detik setelah ban belakang motor Ducati tunggangan Loris Baz meletus dan hilang kontrol.Air bag lalu menggelembung menyeluruh hanya dalam waktu 60 milidetik.

Dengan waktu tersebut tentu saja memungkinkan air bag mampu menggelembung sebelum si pembalap jatuh ke tanah.Dan menurut data yang dikeluarkan oleh Alpinestar, dengan adanya air bag tersebut mampu mengurangi tekanan sekitar 29,9G saat Loriz terjatuh. Jadi intinya dengan adanya teknologi ini tentunya safety bagi para pembalap akan lebih tinggi lagi. [ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD