Lorenzo Minta Jadwal Race MotoGP Qatar Dimajukan, Cuaca Jadi Alasan

lorenzo-minta-jadwal-race-motogp-qatar-dimajukan-cuaca-jadi-alasan
Lorenzo minta jadwal race MotoGP Qatar dimajukan | Foto: motorsport
Yamaha

BalapMotor.Net – Jorge Lorenzo meminta jadwal race MotoGP Qatar dimajukan, bukan tanpa alasan. Lorenzo menilai balapan yang berlangsung malam hari berbahaya buat para pembalap, hal itu dikarenakan rendahnya temperatur trek ditambah dengan tingginya kelembapan.

Musim lalu, jadwal race MotoGP memang sudah dimajukan, tetapi Lorenzo menyebut waktu berlangsungnya race masih belum aman buat pembalap, karena cuaca malam bisa membahayakan para pembalap, terbukti dengan tingginya angka crash di Sirkuit Losail, Qatar. X-Fuera berencana untuk membicarakan hal ini secara serius dengan Ezpelata, berharap jadwal bisa dimajukan setengah atau satu jam lebih awal dari jadwal semula.

lorenzo-minta-jadwal-race-motogp-qatar-dimajukan-cuaca-jadi-alasan
Lorenzo sebut race malam hari tak aman buat pembalap | Foto: Crash

“Saya mengalami crash pada malam hari, hal itu dikarenakan suhu di trek turun begitu drastis. Kelembapannya sangat tinggi, kondisi juga dingin (berembun) dan banyak pembalap terjatuh disana,” ujar Jorge Lorenzo dikutip daril laman crash.net.

“Itulah sebabnya saya akan berbicara secara serius dengan (CEO Dorna) Carmelo Ezpelata, dan yang berwenang untuk menentukan jadwal balapan, karena jika kita bisa mengatur jadwalnya lebih awal, ini akan menjadi lebih baik bagi keselematan pembalap. Semoga kami bisa merubahnya menjadi setengah atau satu jam (lebih awal), sebisa mungkin kita akan ubah, karena balapan dengan kondisi sangat lembab bisa membahayakan,” tambah Lorenzo.

Belum ada jadwal resmi mengenai kapan dimulainya race, namun jika nantinya dimajukan setengah atau satu jam, nantinya jadwal race Moto3 akan dimulai sejak siang, dilanjutnya jadwal Moto2 yang mungkin akan berlangsung saat matahari terbenam, kemudian MotoGP yang berlangsung tidak terlalu malam waktu Qatar. [DK]

GM-helm SSS Racing