Lama Tak Terdengar Kabarnya, Hopkins Ternyata Sedang Berjuang Lawan Cedera Parah

lama-tak-terdengar-kabarnya-hopkins-ternyata-sedang-berjuang-lawan-cedera-parah
Hopkins dikabarkan sedang berjuang melawan cedera parahnya | Foto: motorsport
Yamaha

BalapMotor.Net – Lama tak terdengar kabarnya, John Hopkins ternyata sedang berjuang melawan cedera parah, hampir satu tahun lebih menepi dari lintasan. Hopkins yang terakhir kali turun balapan di BSB musim 2017 membela tim Moto Rapido Ducati, saat jelang menghadapi seri terakhir di Brands Hatch ia mengalami kecelakaan parah, membuat patah tulang veterbrata bawah, juga fraktur pada kedua lututnya.

Parahnya lagi cedera lutut yang ia alami ini progres pemulihannya tak sesuai dengan yang diharapkan, alhasil Hopkins pun terpaksa tak bisa turun balapan di BSB musim 2018. Hopper, julukannya, menuliskan kondisi terkini dirinya di akun Instagram pribadinya.

“Halo semuanya, saya hanya ingin meminta maaf atas kurangnya kabar terkait kondisi fisik, progres juga rencana balap ke depannya. Sayangnya, progress pemulihan rentang gerak lutut saya tidak mengalami peningkatan sejak enam hingga tujuh bulan lalu,” tulis Hopkins di Instagramnya dikutip dari laman motorsport.com

“Saat ini rentang gerak lutut kiri saya hanya sekitar 90%, dan 80% di bagian kanan. Tak peduli seberapa keras saya berusaha sembuh dengan segala operasi, berbagai rencana perawatan, dan lainnya. Sayangnya, ini merupakan satu fase pemulihan yang sulit dilalui untuk kembali fit 100%, seperti yang terjadi pada cedera sebelumnya, saya harus lakukan operasi lebih dari 35 kali. Ini tidak membuat saya lebih muda, dan semua cedera juga operasi lainnya hilang tanpa disadari,” lanjutnya.

“Betapapun parahnya kondisi cedera saya, mulai dari tulang paha patah, panggul hancur, pergelangan tangan/skafoid patah, juga beberapa tendon putus bersama dengan jari yang diamputasi, saya selalu kembali pada (apa yang saya percayai) kondisi fit 100%. Itu semua saya lakukan demi kembali ke lintasan, melakukan hal yang saya cintai dan lakukan sepanjang hidup saya, yaitu balapan!” tutup Hopkins.

Hopkins merupakan sosok yang tak asing di MotoGP, ia jalani debutnya pada 2002 saat usianya baru 19 tahun, dan telah mengikuti balapan sebanyak 112 di kelas premier. Hopkins menghabis banyak waktunya di MotoGP untuk menjadi pembalap pabrikan Suzuki. Hopkins sempat hijrah ke Kawasaki, namun karena pabrikan asal Jepang ini mundur dari MotoGP, Hopkins tak dapat tempat di musim berikutnya.

Usianya memang sudah tak lagi muda, namun Hopkins menghabiskan sebagian besar waktunya untuk balapan, setelah tak lagi mentas di MotoGP, ia melanjutkan karier balapnya di BSB juga WSBK, tetapi lagi-lagi cedera menghambatnya. [DK]

GM-helm SSS Racing