Kenangan Fausto Gresini, Pernah Mengasuh Capirossi, Gibernau, Simoncelli Hingga Daijiro Kato

Fausto Gresini | Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Fausto Gresini telah menjadi perbincangan dunia balap Internasional. Kemarin, dia telah menghembuskan nafas terakhirnya setelah mendapat perawatan beberapa bulan di rumah sakit.

Banyak tokoh otomotif yang mengucapkan bela sungkawa atas perginya Fausto untuk selamanya. Pembalap dan tim MotoGP hingga F1 pun mengenang sosok juara dunia 2 kali GP125cc itu.

Fausto Gresini dan Marco Melandri
SSS Racing

Nah, banyak kenangan yang mungkin belum banyak orang tau tentang Fausto Gresini. Setelah pensiun sebagai pembalap, Fausto membangun tim dengan nama Gresini. Pada tahun 1997 ia memulai petualangannya sebagai manajer tim.

Sudah banyak pembalap yang pernah diasuh oleh Fausto. Beberapa nama besar diantaranya ada Loris Capirossi dan Alex Barros. Lanjut pada era milenium Fausto mendatangkan talenta muda Jepang, Daijiro Kato dengan nama tim Telefonica Movistar.

Daijiro Kato

Namun sayangnya pada musim keduanya (2003), Daijiro Kato mengalami tragedi yang menghilangkan nyawanya. Pada saat itu, Daijiro Kato berduet dengan Sete Gibernau yang sukses mengantarkan Gresini menjadi juara untuk pertama kalinya di kelas utama (GP500).

Marco Meilandri dan Toni Elias juga pernah menjadi anak asuh dari Fausto. Pada tahun 2011, Gresini kembali kehilangan pembalap bertalenta lainnya. Ya, Marco Simoncelli yang harus mengakhiri hidupnya di lintasan.

Marco Simoncelli

Pada saat itu Simoncelli berduet dengan Hiroshi Aoyama sebelum digantikan oleh Alvaro Bautista. Selain di kelas MotoGP, Gresini juga mempunyai tim Moto3 dan sudah mengangkat talenta terbaik seperti Enea Bastianini dan Jorge Martin.

Jorge Martin

Banyak kenangan manis dan pahit yang telah dilalui oleh Fausto Gresini. Namun dia selalu bangkit dan terus berkarya di dunia balap motor. Selamat jalan Fausto….

Sumber: MotoGP

GM-helm PARD