Jonathan Rea Kritik Aturan Pengujian di WorldSBK

Jonathan Rea (Kawasaki WorldSBK)

BalapMotor.Net – Pengujian adalah salah satu hal yang penting bagi pembalap dan tim sebelum kompetisi dimulai. Adaptasi awal, set-up baru dan berbagai upaya dapat dilakukan sehingga ketika musim dimulai mereka sudah benar-benar siap.

Dalam Kejuaraan Dunia Superbike, punya aturan tersendiri tentang pengujian pribadi. Komisi WorldSBK memutuskan aturan saat ini yaitu hanya sepuluh hari tes yang diizinkan antara awal musim dan akhir musim. Tes Dorna resmi merupakan pengecualian dari aturan ini.

LENKA MiniGP SSS Racing

Kelemahan dalam definisi ini menjadi jelas pada musim dingin pertama. Ketika hujan, tes tidak mungkin dilakukan pada beberapa kesempatan dan bahkan jika pembalap hanya melaju beberapa putaran, mereka kehilangan satu hari penuh pengujian.

Ini terjadi, misalnya pada tes Jerez akhir Januari lalu, ketika Jonathan Rea hanya menggunakan setengah hari, meskipun tes dijadwalkan selama dua hari. “Dalam pandangan saya, Dorna harus campur tangan dalam program pengujian, seperti halnya di MotoGP. Pada tanggal tertentu sebelum awal musim, di mana semua tim berpartisipasi,” kata Rea.

Aturan saat ini hanya buang-buang uang. Mereka memaksa kami untuk berhenti ketika kondisinya lebih buruk, agar kami tidak kehilangan hari ujian.” kritik juara dunia enam kali tersebut dilansir dari speedweek.

GM-helm VND Racing PARD