Jika Nantinya Pensiun, Cal Crutchlow Khawatir Tak Ada Pembalap Inggris di Grid MotoGP Yang Gantikannya

jika-nantinya-pensiun-cal-crutchlow-khawatir-tak-ada-pembalap-inggris-di-grid-motogp-yang-gantikannya
Cal Crutchlow khawatir akan masa depan pembalap Inggris di Grid MotoGP | Foto: autosport

BalapMotor.Net – Cal Crutchlow akui pesimistis tentang peluang talenta Inggris di MotoGP ke depannya, dan dapat membayangkan jika nantinya tak ada pembalap Inggris di Grid MotoGP pada masa-masa mendatang.

Crutchlow baru-baru ini mengamankan perpanjangan kontrak satu tahun dari Honda dan tetap bertahan di LCR musim depan, sekaligus menjadikan pembalap berusia 32 tahun ini wakil Britania Raya yang turun di MotoGP pad musim depan, setelah dipastikan Bradley Smith juga Scott Redding kehilangan tempatnya masing-masing di KTM gan Aprilia.

LENKA MiniGP SSS Racing

Smith dikabarkan mendapat tawaran jadi test rider Aprilia musim depan, sementara Redding memilih opsi untuk hijrah ke WSBK, Moto2 atau bahkan Superbike Inggris untuk melanjutkan karier balapnya. Ditanya apakah dia terkejut dengan kemerosotan pembalap Inggris, Crutchlow menjawab tidak sama sekali.

jika-nantinya-pensiun-cal-crutchlow-khawatir-tak-ada-pembalap-inggris-di-grid-motogp-yang-gantikannya
Crutchlow berharap nantinya Sam Lowes bisa kembalikan performanya | Foto: autosport

“Saya tidak terkejut sedikitpun. Saya berteman baik dengan Brad, saya salah satu pendukungnya, saya pikir ia tampil baik di MotoGP. Sayangnya, pada dua atau tiga balapan musim ini dia tak mampu cepat. Meskipun sebenernya dia sudah cuku cepat. Jika Anda tidak cepat di saat yang tepat, sekitar dua atau tiga balapan, persaingan di sini sangat kejam,” kata Crutchlow.

“Saya tentu saja senang jika melihat Sam mampu mengembalikan performanya, dan kembali naik (dari Moto2). Namun, sulit melihat orang lain yang dapat naik selama dua tahun ini. Saat ini kami tak memiliki talenta di Moto3 yang fantastis, dan bisa naik ke MotoGP kemudian kompetitif. Jika mereka datang dan tidak kompetitif, mereka juga bisa ada di sini hanya untuk satu tahun,” Tambahnya.

Dorna sebenarnya membantu dalam pencarian bakat di Inggris, dengan mendirikan British Talent Cup. Bukan hanya itu, mereka juga turunkan tim di Moto3 dimana John McPhee jadi pembalapnya musim lalu. Crutchlow mendukung ini, namun ia mengatakan bahwa untuk bisa menghasilkan pembalap yang mampu naik ke kelas utama butuh waktu bertahun-tahun.

“Saya mendukung British Talent Cup, saya mencoba menolong mereka, untuk tingkatkan level pembalap di Britania Raya. Tapi jika saya tahu apa yang harus dilakukan, saya akan memperbaikinya. Karena saya memiliki sumber dan uang untuk memperbaikinya, jika itu yang diperlukan. Kami akan lakukan bersama Honda juga Dorna. Hingga saat ini kami belum temukan seseorang yang tepat, tapi saya berharap suatu saat seseorang akan muncul,” papar Crutchlow. [DK]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD