Jelang GP Jerez, KTM Jajal Mesin Baru di Le Mans

KTM MotoGP Mulai Perbaiki Titik Lemahnya, Ini Kata Pembalapnya

BalapMotor.Net – KTM akan jajal mesin dengan spesifikasi barunya untuk MotoGP di Le Mans pada minggu ini jelang GP Spanyol di Jerez. Pabrikan Austria yang awalnya menggunakan konfigurasi “screamer”, kini akan pindah menggunakan konfigurasi “big bang”.

Pembalap utama KTM Bradley Smith dan Pol Espargaro telah mengamati betapa agresifnya RC16, dengan sebagian besar berasal dari mesin V4, berbeda halnya dengan mesin yang digunakan oleh Yamaha Tech3.

Tim telah melakukan revisi pada mesin, namun hingga saat ini belum juga digunakan. Mesin itu dikatakan Smith sebuah ide baru yang nantinya akan dievaluasi setelah tes terakhir bersama Mika Kallio di Mugello, Italia.

SSS Racing

“Kami mendapat tes satu hari di Le Mans, yang akan mencoba konfigurasi mesin yang berbeda di sana,” kata Smith. “Itu sudah jelas ada dalam pipeline, lalu juga menguji coba apapun yang telah dilakukan tim lain saat menjalani tes. Saya tahu mereka punya ide berbeda dengan Mika. Mereka membuat beberapa kemajuan baik,” tambahnya.

“Mika akan melakukannya selama tiga hari di Le Mans, jadi apa pun yang mereka temukan, akan dikirim ke Jerez, dan kami akan mencobanya selama akhir pekan atau pada tes hari Senin,” tutup Smith.

Fairing Baru Sudah Memuaskan

Pada GP Amerika yang berlangsung pada akhir pekan lalu, motor yang digunakan oleh Smith dan Pol Esparagaro menggunakan fairing baru. Pembalap Inggris mengatakan modifikasi yang dilakukan oleh KTM berbeda dan lebih efektif, daripada fairing yang ada pada motor Yamaha Tech 3 tahun lalu.

“Masalah terbesar motor kami sepertinya sangat beragam,” kata Smith. “Ini hanya menjaga bagian depan di tanah, seperti sayap sebelumnya. Saya merasakan perbedaan yang besar dari sebelumnya yang pernah saya lakukan dengan sayap di motor tahun lalu.

Konsep fairing ini benar-benar berbeda, dan ini bisa membantu motor kita cukup banyak, paling tidak setengah detik [di Austin], yang jauh lebih banyak daripada yang pernah saya dapatkan tahun lalu,” tambah Smith. (Deni)

GM-helm PARD