Jelang Final WorldSBK, Presiden Jokowi Resmikan Sirkuit Mandalika

BalapMotor.Net – Sirkuit Jalan Internasional Pertamina Mandalika telah diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, menjelang putaran terakhir Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike yang akan berlangsung kurang dari satu minggu lagi.

Presiden Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Pulau Lombok pada Jumat, 12 November 2021. Dengan peresmian sirkuit tersebut, Presiden meyakini event kelas dunia sudah siap digelar.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dan dengan teknologi aspal terkini, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dan siap digunakan. Event lain akan digelar yaitu WorldSBK pada 2021, dan akan disusul MotoGP pada Maret 2022,” jelas Presiden dalam sambutannya.

Presiden Jokowi

Menjelang peresmian, Presiden Widodo sempat menjajal sirkuit dengan sepeda motor pribadinya, dalam kondisi basah. Setelah turun ke sirkuit, Presiden memberikan pemikirannya tentang tempat tersebut. Usai upacara peresmian, ia mengatakan:

“Saya pikir ada banyak tikungan yang sangat tajam, di sini ada 17 tikungan yang menurut saya semuanya sulit bagi saya. Saya kira ini event besar yang akan terus diadakan setiap tahun di Sirkuit Mandalika dan tentunya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB.”

Peresmian sirkuit juga bertepatan dengan pembukaan jalan bypass baru yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Jalan sepanjang 17,3 km dan menghubungkan kedua lokasi tersebut juga diresmikan oleh Presiden Widodo.z

Kredit foto: Kantor Kepresidenan

GM-helm VND Racing PARD