Jalani Private Test Dua Hari di Sepang, Yamaha Fokus Tentukan Spek Mesin M1 2018

jalani-private-test-dua-hari-di-sepang-yamaha-fokus-tentukan-spek-mesin-m1-2018
Yamaha fokus tentukan spek M1 2018 pada Private Test yang berlangsung di Sepang selama dua hari | Foto: autosport

BalapMotor.Net – Yamaha telah menyelesaikan waktu dua hari untuk private test yang berlangsung di Sepang. Yamaha menurunkan semua pembalapnya, baik pembalap tim pabrikan juga satelit.

Berbeda dengan private test gabungan yang berlangsung di Jerez pada pekan lalu, dimana Yamaha ikut ambil bagian, namun kali ini semua pembalapnya turun. Valentino Rossi dan Maverick Vinales, juga Johann Zarco turun pada private test kali ini, Yamaha tampak ingin fokus lakukan perbaikan demi mempersiapkan motornya menghadapi  MotoGP 2018.

LENKA MiniGP SSS Racing

Sementara itu Yamaha belum mengeluarkan keterangan resmi terkait hasil private test selama dua hari ini, namun diketahui bahwa fokus utamanya adalah menentukan spesifikasi mesin final M1 yang tampaknya Yamaha tak ingin kembali gagal seperti musim lalu.

“Saat private test di Sepang kami fokus untuk menguji mesin yang berbeda, dan begitu kami memutuskan spesifikasi, kami akan siap mengerjakan sasis, tetapi mungkin tidak akan selesai sampai tes selanjutnya (Sepang) pada Januari tahun depan,” kata salah seorang sumber dari Yamaha kepada autosport.

Baik Valentino Rossi maupun Maverick Vinales memiliki empat motor yang berbeda yang mereka miliki di Sepang, usai melakukan tes di Valencia dengan kombinasi sasis 2016 dan 2017, sementara itu Zarco hanya memiliki dua spesifikasi berbeda untuk dicoba.

Tak hanya fokus pada mesin, trio pembalap ini juga jalani sesi private test dibawah guyuran hujan pada hari Senin (27/11) waktu setempat, sehingga Yamaha juga ingin memperbaiki kelemahan pada musim lalu dimana motor tak mampu kompetitif di sirkuit basah.

Tes resmi pra-musim selanjutnya akan berlangsung di Sepang pada 28 Januari 2018, artinya ini menjadi yang terakhir buat Yamaha berada di trek pada tahun 2017, sebelum akhirnya libur musim dingin dan semua kontestan MotoGP dilarang lakukan tes hingga tahun depan. [Deni]

GM-helm VND Racing PARD