Inilah Motor Pertama Kawasaki di Balap MotoGP

kawasaki ZX-RR. |Foto: Paddock GP
GM-helm

BalapMotor.Net – Saat ini Kawasaki merupakan raja di balap WorldSBK, Namun ternyata Kawasaki pernah turun di MotoGP. Motor Kawasaki di balap MotoGP diberi nama ZX-RR.

Geng Ijo menghadirkan sosok ZX-RR versi pertama dalam sebuah wild card di Motegi dengan pembalap Akira Yanagawa. Namun Akira Yanagawa mengalami kecelakaan High-side setelah melindas ceceran oli di asphal pada lap ke 7

Kawasaki ZX-RR saat itu menggunakan mesin empat silinder segaris yang dibangun berdasarkan part Superbike Kawasaki ZX-7R. Dengan perbedaan seperti bore yang lebih besar, Sisten FI keihin FCR-i dan hal hal lain sehingga banyak orang menjulukinya sebagai super superbike.

Akira Yanagawa

Mesin dengan firing order cukup mainstream yakni 180º disambungkan dengan posisi hampir tegak lurus dengan sasis kawasaki yang super super rigid. Inlet dari ramnya sendiri di desain cukup besar. Menurut Kawasaki mesin ini menghasilkan power sekitar 200 hp kala itu.

ZX-RR dibalut dengan bodyworknya yang sangat edgy kala itu dengan bentuk banyak yang menyudut. Setelah itu tahun 2003 adalah tahun debut pertama kawasaki secara resmi Full season di MotoGP, Bareng sama Ducati kala itu.

Kawasaki ZX-RR dikenal dengan chasis yang terlihat sangat kekar, namun bukan menjadi jaminan ZX-RR jadi Motor yang ramah untuk dikendalikan. ZX-RR kesulitan memperoleh traksi, dikisahkan sepanjang 2003 Kawasaki fokus terhadap sasis yang cukup intens.

Namun akhirnnya kawasaki nyerah riset sasis, dan akhirnya mereka menyerahkan Ke Eskil SUTER pada tahun 2004 untuk mengembangkan sasis. Dan mulai saat itulah Kawasaki ZX-RR yang digeber Shinya Nakano dan Alex Hoffman berubah menjadi salah satu motor yang mungil dan hampir mirip dengan motor motor 250 cc kala itu.

Kawasaki ZX-RR Shinya Nakano

Kawasaki mengakhiri petualangannya di MotoGP pada tahun 2009, Kawasaki belum sekalipun meraih podium utama, Prestasi terbaik mereka hanyalah finis kedua. Prestasi ini ditorehkan Olivier Jacque (Grand Prix China 2005), Sinya Nakano (GP Belanda 2006), Randy de Puniet (GP Jepang 2007), dan Marco Melandri (GP Prancis 2009).

 

 

SSS Racing