Ini Yang Dilakukan Tim Red Bull KTM Agar Bisa Jalani Tes Privat

Pedrosa saat jalani tes | Foto : Speedweek
GM-helm

BalapMotor.Net – Tim pabrikan asal Austria yaitu Red Bull KTM menjadi tim MotoGP pertama yang melakukan tes privat setelah adanya pandemi Covid-19. Dengan dua pembalapnya yaitu Pol Espargaro dan test rider Dani Pedrosa, tim Red Bull KTM jalani tes di sirkuit Spielberg, Austria pada dua hari yaitu 27-28 Mei 2020.

Sirkuit ini sendiri merupakan sirkuit milik KTM dimana markas tim balap KTM juga ada di lokasi yang sama. Maka, sebagian besar personil dari tim Red Bull KTM yang ikut dalam tes ini tentunya tidak perlu melakukan perjalanan karena memang di karantina di area tersebut.

Lakukan Tes Covid-19

Meski demikian,ada beberapa personil dari total 22 orang yang berasal dari negara yang berbeda. Nah, semua yang terlibat dalam sesi tes tertutup ini sendiri dilakukan tes covid-19 oleh dokter dari perusahaan KTM. Hal ini diungkapkan oleh Pit Bierer selaku direktur motorsport KTM.

Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer | Foto : MotoGP

“22 orang ini semuanya diuji. Dokter perusahaan dari KTM membantu kami sehingga dapat memeriksa bagian tim dengan tes kami sendiri. Kami memiliki dua anggota tim dari Italia, seorang teknisi dari Inggris, ditambah Paul Trevathan, kepala kru Pol yang tinggal di Belanda, seorang dari Ceko, jadi kami sudah membawa awak dari beberapa negara berbeda untuk diuji (tes covid-19).” ungkap Pit Bierer.

Awak Kru Dari Negara Lain Datang Dengan Syarat

Pit Bierer yang merupakan mantan crosser dunia ini juga menerangkan bahwa para awak dari negara lain yang ikut dalam sesi tes tersebut harus melalui beberapa prosedur untuk bisa sampai di sana.

“Mereka harus mendapat konfirmasi bahwa mereka masuk untuk tujuan profesional. Semua anggota tim memiliki sertifikat kesehatan bersama mereka, yaitu bukti tes covid-19,” tambah Pit Bierer. Dalam hal ini berarti sama seperti di Indonesia dimana yang boleh melakukan perjalanan harus dengan surat kerja dan membawa surat negatif covid-19.

Sementara itu, Brad Binder yang merupakan rider tim ini terpaksa tidak mengikuti tes karena di negaranya yaitu Afrika Selatan masih lock down dan dia tidak bisa keluar dari negaranya tersebut. Makanya hanya ada Pol dan Pedrosa saja.

SSS Racing