Ini Sebab Zarco Tidak Naik Podium, Padahal Oliveira dan Rins Terkena Track Limits

Johann Zarco | Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Drama terjadi pada lap terakhir kelas MotoGP Gran Premio D’Italia Oakley yang berlangsung di sirkuit Mugello, Minggu (30 Mei). Sebabnya adalah penentuan posisi podium 2 dan 3.

Miguel Oliveira (Red Bull KTM) yang finis kedua sempat diturunkan di posisi ke-3 karena terkena track limit atau melewati batas lintasan. Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang finis ketiga naik di posisi ke-2.

Tapi Mir juga terkena track limits sehinga posisinya balik kesemula, Oliveira podium 2 dan Mir di podium 3. Nah, pertanyaanya kenapa tidak Johann Zarco (Pramac Racing) yang finis di posisi ke-4 untuk naik ke podium?

Johann Zarco | Pic: MotoGP
SSS Racing

Itu juga yang ditanyakan oleh tim Pramac Racing kepada pengawas perlombaan. Melihat kasus di kelas Moto3, John McPhee naik dua posisi dari 9 ke 7 karena dua pembalap didepannya, Pedro Acosta dan Sergio Garcia terkena track limits.

Ternyata perbedaan itu karena masalah gap. Zarco silisih 0,7 detik dari Joan Mir saat disektor track limit tersebut. Sementara batas untuk mendapat keuntungan adalah maksimal 0,5 detik.

Disisi lain, McPhee di kelas Moto3 hanya berjarak tak kurang dari setengah detik dari pembalap didepannya. Seperti itu!

GM-helm PARD