Halangi Andrea Iannone Saat Sedang Catatkan Waktu di Kualifikasi, Marc Marquez Diganjar Penalti Mundur 6 Posisi

halangi-andrea-iannone-saat-sedang-catatkan-waktu-di-kualifikasi-marc-marquez-diganjar-penalti-mundur-6-posisi
Marc Marquez dianggap halangi Iannone di sesi kualifikasi | Foto: autosport
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Marc Marquez diganjar penalti mundur 6 posisi, hal tersebut karena Marquez dianggap menghalangi laju dari Iannone yang sedang catatkan waktu di sesi kualifikasi, dengan begitu pada race yang berlangsung hari ini (04/11) Marquez start dari posisi ketujuh.

Awalnya, Marquez berhasil meraih pole position usai menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi, Sabtu (03/11). The Baby Alien unggul 1.5detik dari Johann Zarco yang tempel ketat di posisi kedua. Namun, race director menyatakan Marquez bersalah atas manuvernya terhadap Iannone di tikungan sembilan.

“Saya berniat untuk keluar dan saya memberikan Dovizioso menyalip, kemudian saat saya berada di hairpin saya melihat ke belakang, saat itu saya hanya melihat satu Suzuki, yaitu (Alex) Rins, tetapi karena Iannone mungkin berada di sisi lain, saya tidak melihatnya,” kata Marc Marquez usai kualifikasi.

“Jadi saat berada di hairpin, semuanya sangat ketat, tetapi dia menyalip saya dari dalam. Tentunya mungkin saya mengganggu dia, jika saya mendapatkan hukuman saya tidak tahu, biar race direction yang putuskan, tetapi Anda tahu saya mencoba untuk menghindari (menghalangi siapapun), hanya ini yang bisa saya katakan, saya tidak melihat. Tidak masalah, saya sudah catatkan waktu tercepat, ini yang paling penting buat saya,” papar Marquez.

Pada gelaran MotoGP 2018, ini kali kedua Marc Marquez menerima penalti, sebelumnya ia mendapat penalti di COTA saat itu kejadiannya Marquez dianggap menghambat Maverick Vinales di sesi kualifikasi, ia pun harus rela start dari posisi kempat karena mundur tiga posisi.

halangi-andrea-iannone-saat-sedang-catatkan-waktu-di-kualifikasi-marc-marquez-diganjar-penalti-mundur-6-posisi
Johann Zarco akan start dari posisi pertama di MotoGP Malaysia | Foto: autosport

Kali ini di kualifikasi MotoGP Malaysia, Marquez kembali dapatkan penalti, namun pembalap Repsol Honda tegaskan ia tak sengaja karena memang tak melihat Iannone. Marquez start dari posisi ketujuh, karena mundur enam posisi, sementara pembalap yang berada di posisi kedua sampai keenam berhak naik satu posisi, Zarco, Valentino Rossi dan Iannone pun start dari baris terdepan. [DK]

SSS Racing GM-helm