Hadapi GP Qatar, Aprilia Terus Cari Fairing Terbaik

Albesino dan Aprilia terus lakukan perbaikan pada fairing | foto: Crash

BalapMotor.Net – Aturan baru membuat tim pabrikan terus lakukan penemuan pengganti “winglet”, salah satunya Aprilia yang terus lakukan perbaikan pada fairing yang akan digunakan untuk musim ini.

Albesiano terus mendesain bentuk yang paling pas untuk motor Aprilia, dan salah satu fairing yang dibuatnya telah dicoba oleh Espargaro saat di Philip Island dan Losail, hasilnya cukup memuaskan, karena mampu menciptkan downforce (gaya tekan kebawah) yang mirip dengan “winglet”.

“Kami terus lakukan pengujian pada fairing yang telah digunakan pada saat tes di Philip Island,” katanya pada hari terakhir di tes pra-musim Qatar. “Kami mungkin akan gunakan ini untuk awal musim. Jadi kami akan memiliki satu fairing yang terus akan diperbaiki, tentunya kami akan sesuaikan dengan karakteristik sirkuit,” tambahnya.

SSS Racing

Albesiano merupakan salah satu perwakilan dari tim pabrikan yang menentang regulasi pelarang “winglet”, karena dianggap membatasi pengembangan motor pabrikan, dan fairing dianggap terlalu menonjol di motor, dan membutuhkan biaya pengembangan yang lebih mahal.

“Jujur, memang “winglet” dilihat dari sudut manapun mungkin dianggap berbahaya, tetapi seharusnya ada regulasi yang pasti mengenai bentuk dan penggunaan “winglet” yang dianjurkan,” kata Albesino.

“Tentunya jika seperti ini akan menjadi lebih mudah. Namun, tak ada yang membela saya ketika berargumen demikian. Dan berakhir dengan hasil seperti ini, kita dituntut untuk cari jalan keluar, dan ini membutuhkan biaya yang mahal,” ucapnya. (Deni)

GM-helm PARD